» » Zainuddin Hasan, Ungkapkan Kesiapan Bulukumba Melakukan Swasembada Cabe dan Ekspor Beras

IniKabar.com - Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan menginstruksikan seluruh aparat terkait, termasuk pengusaha dan rakyat pedesaan di wilayah pemerintahannya untuk dapat semaksimal mungkin melakukan budidaya cabe merah dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah, ladang, serta areal pertanian sebagai lokasi budidaya dan penanaman komoditi cabe merah. Motto 

 “Tiada hari tanpa cabe dan tiada hari tanpa menanam cabe di halaman rumah”diusung Pemerintah Kabupaten Bulukumba sebagai tagline dan motivasi bagi warga masyarakat untuk terus membudidayakan cabe merah sebagai komoditi andalan kota berjuluk, “Butta Panrita Lopi Berlayar” 

 itu. Zainuddin Hasan berharap, Kabupaten Bulukumba akan dapat membuktikan kemampuannya dalam melakukan swasembada cabe merah dan sekaligus menunjukkan kontribusi besarnya terhadap upaya pemenuhan kebutuhanproduksi cabe merah di jazirah, Provinsi Sulawesi-Selatan. Instruksi ini kata dia, telah ditanda tangani secara resmi dalam kapasitasnya sebagai Bupati Bulukumba. 

Dia juga turut mengungkapkan kesiapan kabupaten bulukumba dalam memenuhi tanggungjawab yang dibebankan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dan Gubernur Sulawesi-Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si untuk dapat melakukan surplus pangan dan ekspor beras ke mancanegara dengan target capaian sebanyak 20.000 ton. Lebih jauh, Kabupaten Bulukumba menyatakan kesiapan untuk turut berkontribusi dan mengambil bagian penting pada rangkaian kegiatan ekspor 2000 ton beras dari Indonesia. Pemkab Bulukumba merasa optimis akan mampu mencapai target ekspor 20.000 ton beras dan melampaui target yang diberikan kepada Indonesia sebesar 2000 ton.

 Keyakinan itu didasarkan pada kekompakan dan peran aktif segenap elemen warga masyarakat kota Butta Panrita Lopi yang dipastikan ingin melihat Kabupaten Bulukumba, berkembang jauh lebih besar dan lebih maju, cetus pria berkacamata ini, menirukan ungkapan tim perwakilan PT. Bank Indonesia, dalam kunjungannya ke Bulukumba, beberapa waktu kemarin. Semangat besar ini turut mendapat sokongan dari Kementerian Pertanian yang kembali menggelontorkan tambahan anggaran senilai Rp. 24 Milyar untuk kepentingan perbaikan irigasi. Selain itu, pemerintah kabupaten juga mengakui telah menerima bantuan kucuran anggaran pengairan, sebesar Rp. 30 Milyar yang diperuntukkan bagi kepentingan pembangunan jaringan irigasi tersier dan beberapa jaringan irigasi lain di Kabupaten Bulukumba. 

Dengan mulai meratanya pendistribusian air di Kabupaten Bulukumba, masyarakat petani diharapkan tidak lagi akan kekurangan pasokan air, sehingga panen beras yang semula hanya mampu memenuhi target 6 ton dapat ditingkatkan menjadi 7 ton perhektar, ujar Zainuddin dalam keterangan persnya kepada wartawan, belum lama ini.(fadly syarif)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA