» » AIM BEKERJASAMA DENGAN DISPORA,ADAKAN PELATIHAN LIFE SKILL

Suasana pemaparan materi dari Andi Wahyu Irawan
IniKabar.com - Makassar, 22 Oktober 2015. Aksi indonesia muda (AIM) komunitas yang menaungi anak muda Makassar yang aktif dalam melakukan pemberdayaan  masyarakat marginal bekerjasama dengan Dinas Pemuda Dan Olahraga (DISPORA) Kota Makassar melaksanakan Pelatihan Life Skill di Makassar Golden Hotel (MGH)  jalan Pasar Ikan No. 52 kota Makassar.
Menurut Adryan Koordinator kegiatan pelatihan Life Skill mengatakan pelatihan ini  untuk memberikan pengetahuan kecakapan yang sangat penting yang di miliki oleh anak muda, sehingga mereka dapat hidup mandiri. Selain itu untuk memberi  kecakapan menggali dan menemukan informasi, kecakapan mengolah informasi dan mengambil keputusan, kecakapan memecahkan masalah serta kreatif, . Ujar Adryan
Adryan menambahkan tentang pentingnya life skills untuk melahirkan kompetensi-kompetensi yang nantinya bermanfaat dalam menghadapi masalah kehidupan juga dalam rangka membentuk karakter pemuda. Keterampilan hidup merupakan modal dasar pembentukan karakter sehingga selain pemuda dapat menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari secara efektif juga mampu melakukan hal yang benar (akhlak).
Hal senada juga di sampaikan Sekretaris AIM Muhammad Yusuf dia mengatakan Pemuda merupakan salah satu kelompok penting dalam masyarakat yang dinamis dan energik memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi, karena dilihat dari segi usia, tenaga dan kemampuan berfikir, kelompok pemuda relative lebih berpotensi dalam memasuki dunia ketenagakerjaan dibandingkan dengan kelompok penduduk lainnya. Pemuda memiliki peluang yang lebih luas dan merupakan generasi pewaris masa depan bangsa.

Yusuf menambahkan Pemuda merupakan sebuah potensi dan sekaligus problema bagi kemakmuran serta kemajuan bangsa. Pemuda merupakan potensi apabila mereka mampu berpatisipasi dalam segenap aspek pembangunan dan menjadi problema sekaligus beban pembangunan ketika kualitasnya rendah, tidak menguasi IPTEK, mudah menyerah dan gampang putus asa serta minimnya pendidikan formal yang dimiliki sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan hidup (life skills) pemuda selain itu para pemuda juga tidak memiliki kapasitas yang baik dalam mengembangkan wirausaha. Hal ini erat kaitannya dengan pola pikir pemuda dewasa ini yang ingin mencari pekerjaan daripada menciptakan lapangan kerja.
Sulaman selaku Koordinator Public Relation AIM mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar dalam meningkatkan peran dan kemandirian generasi muda menghadapi tantangan arus globalisasi yang sangat berat serta memberikan bekal kecakapan hidup (life skills) bagi pemuda sehingga mereka memiliki kreativitas dan inovasi serta dapat memahami potensi yang ada pada diri mereka sehingga mereka berani untuk memulai suatu usaha sehingga mereka memiliki mentalitas yang mandiri.
Peserta dari pelatihan life skill ini ialah mahasiswa dari beberapa kampus, volunteer AIM, dan utusan dari setiap kecamatan sekota makassar.
Yang bertindak sebagai pemateri Derry Perdana Munsil, Andi Wahyu Irawan, pemateri dari BLK dan Carefour, serta pemateri  dari pengrajin keset kaki / warga dangko.

Pengirim berita  : FADLY NUR RAHMAN UMAR S.KM (TIM MEDIA AIM) muhaamads@yahoo.com

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post