» » Masjid Jogokaryan Sukseskan 3 Tahapan Manajemen


INIKABAR.com , SURABAYA - Bertempat di Hall An-Nuur Lantai 3 Yayasan Nurul Hayat, Surabaya, Sabtu (21/05/2016) kemaren diadakan acara “Sarasehan” Takmir, kali ini mengangkat tema “Bersama Ummat Memakmurkan Masjid”.  Acara ini dihadirin oleh semua pengurus Takmir Se-Surabaya. Hadir sebagai pemateri tetap dan didatangkan sebanyak3 kali, Suhariyanto, SE, Takmir yang berkompenen dalam manajemen masjid sejak ½ abad di Masjid Jogokaryan, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Menurutnya, tahap manajemen masjid terdapat 3 hal; How to image, how to managedanhow to makesuccess. Misalnya: how to image, adannyapetugas satpam dancctv sebagai keamanan dan kenyamanan di area masjid, Sandal jama’ah hilang, yaa kita ganti yangbaru, ikhlaskan dana umat ini untuk pelayanan umatterangnya, lelaki kelahiran 1975. How to manage, menyiapkan rantai kaderisasi masjid, diantaranya HAMAS (Himpunan Anak-Anak Masjid), REMAS (Remaja Masjid), KURMA (Keluarga Alumni Remaja Masjid), dan Takmir.Suhariyanto menerangkan pentingnya SDK (Sumber Daya Keuangan)sebagai langkah dari how to make success, diantaranya; menyediakan kotak infaq sholat Subuh dan mendirikan badan usaha milik masjid berupa pengelolahan hotel dan meeting room/tempat pertemuan dan rapat.

Menjelang sesi terakhir, Suhariyanto menegaskan bahwa masjid ini dibangun secara terbuka untuk semua muslim, dimana adanya toleransi dari berbagai mahzab maupun ormas.  “Masjid kita jadikan tempat ukhuwah dan terbuka tanpa ada diklaim dari satu golongan“, paparnya.Sebelum menutup acara sahabat masjid, Suhariyanto memberikan trik ampuh agar masjidini bisa ramai dari kalangan muda-mudi, Masjid ini kita fasilitasi wi-fi, agar daya tarik anak muda bisa terpacu dengan adannya program jama’ah  wi-fi sampai malam serta di lanjut dengan sholat tahajjud, imbuhnya.

Di akhir acara, candra, salahsatupesertamengungkapkan, Alhamdulillah materinya bisa menambahkan masukkan baru yang belum kami peroleh dan terapkan, salah satunnya, menyatukan sesama muslim, tidak memandang lembaga/ormas apa, karna disitulah kemakmuran masjid akan terasa danukhuwah islamiyah semakin erat.” Ungkapnya, peserta Takmir Masjid, Baitur Syakur, Tropodo, Surabaya. * Pengirim berita : Andre Rahmatullah ( hariyantoandre21@gmail.com )


REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA