» » Perkuat Akidah Muallaf Tengger, BMH Adakan Buber di Senduro

INIKABAR.com , LUMAJANG - Jum'at, (25/06/2016) Unit Perwakilan Baitu Mall Hidayatullah( UP BMH) Lumajang, mengadakan buka bersama Muallaf SukuTengger, di dusun Puncak, Kec. Senduro, Kab. Lumajang,
Untuk mencapai lokasi tidak mudah, sebab terlebih dahulu mendaki lereng tebing tinggi nan berkelok-kelok. Jarak pandang pun sangat terbatas.Maklum daerah ini berkabut karena memiliki ketinggian lebih dari seribu kaki dari permukaan laut.
Takayal setiap kendaraan yang melintas harus berhati-hati, dikarenakan jalannya sempit lagi terjal. Jika tidak kurang waspada rawan terjatuh dalam jurang. Syukurnya, setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, team bisa sampai ke lokasi tujuan dengan selamat.
Menurut manajer UPBMH Lumajang, Anantiyo Istanto, rencananya dari Lumajang berangkat jam 13.00 dengan menggunakan 2 tasransel (obrok) akan membawa takjil. Karena beratnya medan yang akan dilalui dan tidak dapat ditempuh dengan mobil, ternyata takjil bertambah, 2 jam sebelum berangkat, kita kebinggungan membawahnya.
“Alhamdulillah setengah jam sebelum berangkat, BapakYudi (Donatur BMH) yang kemarin ikut mengantarkan di bukabersama muallaf tengger sesi pertama Jum’at (17/06)kemaren menelfon bahwa beliaunya bersama 2 orang temannya ikut dengan membawa mobil Avanza putih. Mobil mengantarkan takjil hanya dijalan yang dapat ditempuhnya, selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki” paparnya
Pembinaan
Kegiatan ini, tutur Anantiyo Istanto, merupakan kelanjutkan program pembinaan muallaf Senduro dengan menggulirkan acara “Buka Puasa Bersama Muallaf dan Donatur BMH.” Sebelumnya, sudah pernah diadakan acara serupa.
Lelaki Asal Bondowoso ini menceritakan, semangat pengadaan kegiatan buka puasa kali ini, salah satunya datang dari Ibu Enny, simpatisan BMH.Dia (Enny), tambahTio, panggilan akrabnya, merasa senang dan takjub melihat acara buka puasa tahap pertama yang disambut penuh antusia soleh warga muallaf.
“Beliau sangat terkesan dengan acara buka bersama muallaf tahap pertama, sehingga mengusulkan mengadakan acara serupa lagi.Kami dari BMH pun menyambut ide itudenganantusias,” ucap alumni STAIN Jemberini.
Selainitu, lanjutTio, kegiatan ini dalam rangka melakukan pembinaan kepada para muallaf, dikarenakan masyarakat sukuTengger selama ini masih kental menganut ajaran agama Hindu.
EratkanSilaturahim
Di kecamatan Senduro sendiri sampai saat ini masih terdapat Pura yang diyakini oleh orang-orang beragama Hindu sebagai tempat tertua ke-2 setelah Pura yang ada di Bali, Denpasar.Hampir tiap pekan rombongan umat hindu Bali datang ke Pura tersebut sampai seterusnya.
"Buka puasa bersama juga dalam rangka memper erat tali persaudaraan sesama muslim serta bertujuan mengokohkan iman para muallaf, sehingga mereka tambah yakin dan berpegang-teguh dengan agama yang baru mereka anut ini, juga bisa menghilangkan kebiasaan mereka yang dulu,"tambahnya menjelaskan tujuan diadakannya buka bersama dengan muallaf senduro.
Di lainpihak, warga sangat berterimakasih dengan segala bantuan yang telah diberikan oleh BMH bersama para donatur dan simpatisannya.
“kami sangat berterimakasih dengan diadakannya acara-acara macam ini, karena sangat membantu di dalam meningkatkan pemahaman pengetahuan mereka tentang agama yang belum lama ia anut ” ujar Kardi, KetuaTakmir Masjid JabalNurPuncak.

[ AndreRahmatullah, PegiatKomunitasPenulis Nusantara Hidayatullah ]

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post