» » Lapas Talu Kabupaten Pasaman Barat Over Kapasitas

Kepala Lembaga Pemasarakatan Talu, Nofrizal, SH, MM 
INIKABAR.com , PASAMAN BARAT. -Lembaga Permasyarakatan (Lapas) melebihi over kapasitas dapat mengakibatkan berbabagai persoalan. Begitu juga yang terjadi di Lapas Talu, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang saat ini menampung 120 orang narapidana. Seharusnya kapasitas yang semestinya hanya dapat menampung 40 orang narpi.
Tentunya dengan kondisi tersebut, akan menimbulkan berbagai macam persoalan seperti, pembinaan tidak berjalan dengan baik dengan jumlah penghuni yang cukup banyak, kurangnya jumlah personil yang tidak seimbang dengan jumlah tahanan, tingginya tingkat kerusuhan dilapas, serta banyaknya para tahanan yang dipindahkan sehingga para keluarga tahanan yang ingin berkunjung terpaksa mengeluarkan biaya yang lebih besar.
Kepala Lapas Talu, Nofrizal, SH, MM  Rabu (10/5) mengatakan, memang masih banyak kekurangan yang kita butuhkan, baik itu sarana maupun prasarana di lapas ini. Hal tersebut mengingat kapasitas tahanan yang saat ini sudah jauh dari yang seharusnya,"katanya.
"Kapasitas lapas ini hanya dapat menampung 40 orang tahanan. Sementara saat ini jumlah tahanan yang ada di lapas ini berjumlah 120 orang yang tentunya sudah jauh dari yang seharusnya,"Pungkas Nofrizal.

Ia menjelaskan, saat ini lapas talu hanya memiliki 6 kamar yang ditambah dengan 2 sel untuk tahanan yang baru masuk untuk mengikuti Admisi Oreontasi (AO). Sementara untuk pembinanan yang kita lakukan baru hanya pembinana bidang keagamaan yang kita laksanakan dua kali dalam satu minggu yaitu, pada hari jumat dan sabtu,"jelasnya.
Dalam pelaksanan pembinaan tersebut kita melibatkan seluruh tahanan untuk mendengarkan pengajian, sementara untuk baca tulis alquran, hanya di ikuti 20 orang tahanan yang memang belum mampu baca tulis alquran,"tambahnya.
Ia berharap, agar Pemerintaha daerah dapat berperan serta dalam menanggulangi permasalahan over kapasitas tersebut sehingga kita dapat melaksanakan berbagai macam pembinaan untuk membekali para tahanan seperti pembinaan keterampilan,"harapnya.

Kepala Lembaga Pemasarakatan Talu, Nofrizal, SH, MM menjelaskan situasi lapas Talu saat ditemui diruang kerjanya Rabu, (10/5).(Arash Pasaribu)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post