» » Akibat Longsor Ruas Jalan Wanayasa - Bojong Tertutup Sementara

Laporan : Wawan Setiawan dari Purwakarta Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Cuaca pada bulan bulan ini eang tak bisa di prediksi,begitu juga dsngan bencana alam yang sering terjadi khususnya di wilayah kabupaten purwakarta,saat ini Longsor yang menimbun Jalan Raya Wanayasa - Bojong, tepatnya di Kampung Pasir Karet, Dusun 03, Desa atau Kecamatan Wanayasa,Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Akibatnya jalan kabupaten yang menjadi jalur utama bagi warga di dua kecamatan tersebut terputus,namun Allhmdllh dalam bencana tersebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Berdasarkan pantauan yang berhasil dihimpun inikabar.com di lokasi kejadian, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Material longsoran berupa tanah dan reruntuhan tembok penahan tanah menutup badan jalan selebar 10 meter, dengan patahan sepanjang 30 meter.

Longsor tersebut di akibatkan adanya Pergeseran tanah pada tembok penahan tanah milik Habib Mustopa.

Tindakan sementara koordinasi dengan polsek untuk menutup serta mengalihkan jalur bagi pengguna jalan, ungkap Kabid Rehab Rekonstruksi Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kabupaten Purwakarta, Adang Syarif.
 
Pihaknya terus berupaya untuk membersihkan jalur agar secepatnya dapat dilalui kembali oleh kendaraan yangelintas di jalur tersebut. 

Pembersihan jalur sudah dilakukan  pihaknya sejak pagi tadi dengan meminta bantuan Dinas Bina Marga Kabupaten Purwakarta guna menurunkan alat berat. Tampak beberapa alat berat sudah mulai bekerja dengan menyingkirkan material tanah 
Pondasi penahan tanah setinggi 30 meter di Jalur wanayasa mengarah  Bojong Purwakarta Jawa Barat runtuh dan menutup ruas jalan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun hingga saat ini jalur wanayasa menuju Bojong juga sebaliknya Bojong menuju wanayasa masih ditutup dan arus lalulintasnya telah dialihkan.

Bagi para pengendara R2 dan juga R4 apabila mau dari Wanayasa untuk mengarah Bojong dan juga dari jalur Bojong mengarah Wanayasa saat ini dialihkan agar menggunakan jalur alternatif  dari daerah Cileungsing mengarah Sumurugul.

Para petugas dari Penanggulangan Bencana serta Dinas Bina Marga Kabupaten Purwakarta dengan menurunkan alat berat masih berupaya memindahkan Material dan tanah longsoran yang menutup ruas jalan itu.

Pondasi tanah yang runtuh itu merupakan penahan rumah yang  berada dipinggir jalan namun posisinya berada diatas jala  dengan ketinggian skitar 30 meter, adalah 
Milik  Mustopa Abdulah.

Petugas pemadam kebakaran dan penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta Iman Raskiman mengungkapkan, runtuh dan longsornya pondasi tanah milik Mustopa ini terjadi pada dini hari tadi  diakibatkan hujan yang berturut turut mengguyurnya,  mengakibatkan tanah bergeser, sehingga pondasi penahan tanah tidak dapat menahanya dan runtuh.

Menurut Iman, pihakya belum dapat memastikan pukul berapa jalur normal kembali dapat dilintasi namun dipastikan setelah selesai pemindahan longsoran dan penyiraman ruas jalan akibat tanah merah yang menutup jalan selesai, tentunya ruas akan normal dan akan  dapat dilintasi lagi.  (  Ws )

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA