» » Pohon Aquilaria Malaccensis ( Surga ) Tumbuh di Purwakarta


Laporan : Wawan Setiawan dari Purwakarta Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Pohon gaharu merupakan salah satu tumbuhan yang dipercaya yang berasal dari surga, tanaman yang memiliki nama latin Aquilaria malaccensis ini ternyata sudah cukup lama tumbuh di Purwakarta.

Muhamad Ali (37) warga asal Desa Taringgultonggoh, Kecamatan Wanayasa kabupten purwakarta ,ini mengaku mulai menanam bibit pohon gaharu sejak tahan 2015 silam, dengan alasan pohon gaharu memiliki harga jual yang tinggi dibanding harga - harga pohon lainya.

"saya mulai menanam pohon gaharu ini sejak dari tahun 2015 lalu,  dan alasan saya lebih memilih pohon gaharu karna nilai ekonominya tinggi",ungkapnya kepada inikabar.com,Selasa  (31/10/2017)

Menurutnya, meski memiliki harga jual yang tinggi,  selain perwatannya yang sedikit rumit dan masa panenya yang memakan waktu cukup lama,penanaman pohon gaharu tidak bisa dilakukan sesuka hati,karena untuk.menanamnya harus ada izin penanaman dari dinas terkait.ucapnya."

"pohon gaharu itu beda dengan pohon yang lain, ada giat - giat khusus dalam cara merawatnya,  dan tidak bisa diambil dari satu tempat lalu di tanam lagi ditempat lain,  harus jelas asal usul bibitnya dan juga harus ada ijin penangkaranya juga, dan alhamdulillah surat izin penangkaran nya saya sudah ada", ujar dia.

Perlu diketahui,  Pohon gaharu baru bisa dipanen paling cepat dalam kurun waktu kurang lebih 6 (Tahun) sejak penanam bibitnya. Harga kayu pohon gaharu bisa mencapai  jutaan rupiah perkilonya tergantung dari kualitas pohon itu sendiri.tandasnya." ( Ws ).

loading...

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA