» » Cara 3 Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan


INIKABAR.com - Posisi tidur Ibu Hamil 5 bulan menjadi penting untuk dibicarakan khususnya bagi ibu yang pertama kali mengalami masa kehamilan Bagi seorang ibu, kehamilan adalah saat yang dinanti-nanti usai pernikahan. Datangnya buah hati akan menjadi keinginan terbesar seorang suami istri setelah menikah. Bagi ibu yang pertama kali mengalami masa kehamilan, tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak mungkin agar tidak bingung saat terjadi suatu hal pada kehamilannya nanti. Dengan mencari informasi ini pula, sang ibu juga akan mengetahui apa yang dianjurkan untuk janinnya maupun apa yang tidak boleh dilakukan saat kehamilan tersebut. Secara garis besar kehamilan dibagi menjadi 3 tahapan besar yang sering disebut trimester. Trimester pertama mencakup kehamilan di bulan pertama hingga ketiga, trimester kedua mencakup kehamilan di bulan keempat hingga keenam, dan trimester ketiga mencakup kehamilan di bulan ketujuh hingga kesembilan.

Pada trimester pertama, biasanya sang ibu akan mengalami gejala seperti mual-mual atau yang sering disebut morning sickness. Pada trimester pertama ini pula, besar perut ibu yang mengandung janin masih belum begitu membesar karena janin sendiri masih sangat kecil ukurannya. Namun, setelah memasuki trimester kedua, kondisi janin sudah mulai bertumbuh lebih besar dan juga berdampak pada perut sang ibu yang membesar pula. Seringkali dengan seiringnya pertumbuhan janin di trimester kedua, janin akan mulai aktif bergerak dan terkadang sesekali meninju atau menendang. Hal ini disebabkan karena pada usia tersebut, saraf dari janin sudah mulai bekerja dan sensitif terhadap lingkungan sekitar. Inilah yang membuat dokter-dokter sering menganjurkan ibu hamil untuk mendengarkan alunan musik terhadap janinnya. Di sisi lain, selain memberikan kabar baik bagi sang ibu karena janin sudah mulai bertumbuh, trimester kedua juga memberikan kabar buruk bagi sang ibu. Dengan membesarnya perut sang ibu, otomatis posisi tidur sang ibu tidaklah semudah saat trimester pertama. Selain ukuran perut yang membesar, kondisi janin yang sensitif juga membuat ibu harus was-was akan posisi tidur mereka. Berikut adalah 3 posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang sering dianjurkan karena selain membuat sang ibu nyaman, juga tidak membahayakan janin dalam kandungan sang ibu.

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Paling Dianjurkan :
1.      Posisi miring
Posisi ibu hamil 5 bulan yang pertama adalah posisi miring. Posisi ini dapat dilakukan oleh sang ibu dengan memiringkan badannya saat tidur. Posisi tidur miring ini juga lebih baik apabila sang ibu juga memadukannya dengan meninggikan posisi kaki. Posisi ini sering dikatakan menjadi posisi yang optimal bagi ibu dan janin. Posisi miring yang paling dianjurkan sendiri adalah posisi miring ke kiri karena dengan ini alirah darah dan nutrisi dapat semakin mengalir dengan lancar. Hal ini disebabkan karena posisi vena cava inferior yang terletak di sebelah kanan tulang punggung ibu tidak mengalami tekanan sedikitpun. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat bagi janin yang dikandung ibu itu sendiri. Selain berguna untuk melancarkan peredaran darah, fungsi lain dari posisi tidur ini adalah membuat ginjal sang ibu bekerja lebih optimal lagi. Ginjal akan membuang zat-zat yang dirasa tidak perlu bagi tubuh ibu.

Walaupun posisi tidur miring yang paling dianjurkan adalah miring ke kiri, miring ke kanan tidaklah dilarang untuk bentuk variasi. Sebab, tidak mungkin ibu akan tidur miring ke kiri sepanjang malam. Maka miring ke kanan tidaklah masalah untuk menghilangkan rasa capek akibat miring ke satu arah saja.

2.      Posisi kaki lebih tinggi daripada badan
Posisi kaki dapat ditinggikan dengan cara diganjal dengan bantal atau guling sebagai penyangga. Hal ini membuat peredaran darah  akan mengalir lebih lancar dari area kaki menuju jantung. Kaki adalah hal yang rentan bagi seorang ibu hamil karena sering membengkak ataupun sakit. Hal ini juga dikarenakan posisi kaki yang jauh dari jantung sehingga menyebabkan alirah darah mudah terhambat. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, kerja kaki juga otomatis semakin berat karena harus menopang berat janin yang makin membesar. Dengan meninggikan posisi kaki, aliran darah juga semakin lancar pula ke otak sehingga sang ibu akan terhindar dari sakit kepala yang dapat menyerang kapan saja.

3.      Posisi bersandar
Posisi ibu hamil 5 bulan yang ketiga adalah posisi bersandar. Tidak jarang saat hamil 5 bulan terkadang sang ibu selalu mencari-cari posisi yang paling nyaman dan pas untuk tidur. Selain dua posisi di atas, bersandar dapat menjadi opsi terakhir apabila sang ibu masih merasa kurang nyaman. Posisi bersandar ini dapat dilakukan dengan menumpuk lebih dari satu bantal agar posisi bantal sendiri lebih tinggi dari sebelumnya. Setelah menumpuk bantal, sang ibu dapat tidur dengan posisi yang dikatakan bersandar karena posisi kepala lebih tinggi daripada badannya. Posisi ini selain memberikan kenyamanan bagi sang ibu juga membuat pernafasan ibu lebih lancar karena posisinya lebih rileks.


Posisi tidur memanglah berpengaruh penting bagi ibu hamil 5 bulan. Akan tetapi, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah menjaga kesehatan selama masa kehamilan itu sendiri. Caranya pun bisa beragam seperti makan makanan yang bergizi, minum air putih yang banyak, serta melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki ataupun senam hamil secara teratur. Jangan lupa juga selalu rajin untuk check-up ke bidan atau dokter kandungan selama proses kehamilan agar mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu. Bicarakan kepada dokter atau bidan mengenai apa yang di rasakan walaupun hal tersebut tidak terlalu menganggu ataupun dianggap tidak penting sekalipun. Demikian artikel mengenai posisi tidur ibu hamil 5 bulan, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca khususnya kaum ibu yang mengalami proses kehamilan.

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA