» » Pentingnya Kedisiplinan Siswa SMPN I Cilamaya Wetan Di Sekolah.

Laporan Egi Maulana dari Karawang Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Penting nya kedisiplinan siswa bagi kemajuan sekolah, karena sekolah tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik. Namun sebaliknya, bila sekolah kurang tertib kondisinya akan jauh berbeda, dan proses pembelajaran akan menjadi kurang efektif. Hal itu disampaikan kepala SMPN I Cilamaya Wetan, Ahmad Fadloli, saat ditemui wartawan, Sabtu (18/11/2017).

"Meningkatkan kedisiplinan terhadap siswa sangat penting dilakukan oleh sekolah, mengingat sekolah merupakan tempat generasi penerus bangsa. Salah satu faktor yang membantu para siswa meraih sukses dimasa depan yaitu disiplin," ungkapnya dikampus SMPN I Cilamaya Wetan, jalan Cilamaya - Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

Menurut Fadloli, para siswa dalam melakukan kegiatan belajar disekolah tidak terlepas dari berbagi peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan pihak sekolah, dan setiap siswa harus taat terhadap tata tertib tersebut. Lanjut Fadloli, disiplin merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Oleh karena itu, dengan adanya kedisiplinan diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tentram di dalam kelas. Kata Fadloli, siswa yang disiplin yaitu siswa yang biasanya hadir tepat waktu, taat terhadap semua perturan yang diterapkan disekolah, serta berprilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

"Mengenai disiplin siswa, tidak bisa terlepas dari persoalan perilaku negatif pada siswa tersebut, yang pada saat ini semakin memprihatinkan. Banyak tindakan negatif yang dilakukan oleh para siswa disekolah dari mulai bolos, tawuran atau berkelahi, merokok, dan pelangaran-pelangaran yang membahayakan diri sendiri dan orang lain," katanya.

Masih menurut Fadloli, adapun yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa disekolah antar lain, keluarga, maka sangat diharapkan kerjasama pihak orang tua dalam upaya ikut membina. Juga hukuman, karena hukuman merupakan salah satu upaya dalam mempengaruhi perilaku seseorang. Apabila anak tersebut berbuat suatu pelanggaran atau melakukan tindakan yang tidak baik dan tidak ada teguran dari orang tua, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang tidak baik bagi anak itu sendiri. Yang terakhir lingkungan, faktor ini merupakan faktor yang tidak kalah penting  dan sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Apabila lingkunganya baik, maka akan berdampak terhadap perbuatan yang baik dan positif dan begitu juga sebaliknya.

"Agar dapat tercipta sikap disiplin sesuai dengan harapan, maka tiga faktor tadi harus saling membantu, menolong, dan kejasama. Karena masalah pendidikan itu sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah, orang tua, dan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar," katanya.

Terpisah komite sekolah, Jaja, me ngatakan, dengan adanya kedisiplinan disekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar dan mengajar yang nyaman. Sehingga siswa mampu memahami bahwa nilai disiplin itu begitu penting.

" Bukan diartikan disiplin itu hanya untuk sendiri. Melainkan, demi tujuan lain yang lebih luas, yaitu terciptanya stabilitas dan kedamaian hidup bersama," pungkasnya.(Egi)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post