» » Personel TNI Bantu Atasi Hama Wereng

Laporan Agus Suprapto Yusbiyadi dari Kabupaten Bekasi Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Jajaran Korem 051 Wijayakarta yang meliputi 5 Kodim,  yakni Kodim 0507/JS, Kodim 0505/JT, Kodim 0507/Bks, Kodim 0508/Dpk, Kodim 0509/Kab. Bks, didukung oleh Yonmek 202 dan Yonarmed 7, dalam rangka pengamanan produksi padi seluas 16.448 hektar yang saat ini terkena  serangan hama Wereng Batang Coklat (WBC) khususnya pada 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi.

Ratusan personel TNI dikerahkan untuk membantu penanganan hama Wereng Batang Coklat yang mengganas serta menyeramg batang tanaman padi. 

Kegiatan apel dan pembagian tugas dilaksanakan di Koramil 10/Sukatani, yang terletak di Jalan Raya Sukatani Kabupaten Bekasi pada hari Senin tanggal 13 Nopember 2013.

Dalam giat pemberantasan Wereng Batang Coklat (WBC), Danrem 051/Wkt Kolonel Inf. Bobby Rinal Makmun,  SIP,  yang hadir dilokasi menyampaikan, bahwa kehadiran anggota TNI kali ini adalah dalam membantu kegiatan penanganan hama WBC dengan  mengerahkan 250 personel TNI dibantu oleh personel Ditjen Tanaman pangan Kementan RI sebanyak 40 orang. 

Tambah Danrem 051, kegiatan yang dilakukan ini berupa pengendalian serta. eradikasi Wereng Batang Coklat sehingga tidak meluas dan menimbulkan kerugian yang lebih besar.
"personel yang kita kerahkan ini untuk melakukan gerakan pengendalian dan eradikasi dilokasi  7 Kecamatan di Kabupaten Bekasi tersebut," ucapnya.
Masih menurut Danrem 051, kegiatan penanganan hama WBC dilakukan selama 3 hari dari tanggal 13 Nopember sampai dengan tanhgal 15 Nopember 2017, yaitu dengan cara penyemprotan insektisida serta eradikasi dan olah tanah kembali karena lahan padi tersebut sudah tidak bisa menghasil padi lagi.

Dari data laporan yang ada diwilayah desa Sukajadi Kecamatan Sukakarya ada 85 hektar yang harus dieradikasi dan belum termasuk wilayah lainnya di Seluruh Kabupaten Bekasi. 

Sedangkan khusus diwilayah Desa Sukamurni seluas 70 hektar, dan Desa Sukaindah seluas 60 heltar di Kecamatan Sukakarya dilakukan penyemprotan insektisida jenis Applaud.  Untuk di wilayah Kecamatan Sukatani sendiri dilakukan penyemprotan seluas 240 hektar dan olah tanah seluas 42 hektar. 

Saya berharap waktu yang tersedia ini dapat dilaksanakan secara optimal guna mengatasi penanganan hama Wereng Batang Coklat dilokasi yang terkena serangan hama, " tegas, Bobby Rinal Makmun. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut selain Danrem 051/Wkt Kolonel Inf.Bobby Rinal Makmun, Aster Dam Jaya Kolonel Ibf Meyer P,  Dandim 0509/Kab Bks Letkol Arh Henri Yudi Setiawan,  Ali Jamal Direktur Serelia Ditjen Tanaman Pangan,
Bp Tri Susetyo Direktur pengembangan benih, Kasiter Rem 051/Wkt, para Danramil serta anggota yang terlibat kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan berbeda,  Kasiter Rem 051/Wkt Letkol Arm. Joko Triyanto,  SPd menyampaikan 
Rencana Pelaksanaan Pengendalian Hama Wereng Batang Coklat

*A. Dasar*.

1. Meluasnya Wabah Wereng Coklat (WBC) di wilayah Kodim 0509/Kabupaten Bekasi akibat penyebaran WBC dari Wilayah Kabupaten Karawang. 

2. Wilayah terdampak WBC cukup parah adalah wilayah yang berdekatan dengan Kabupaten Karawang meliputi di Kecamatan Sukatani dan Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. 

3. Hasil Peninjauan Dirjen Han Pangan Kementan pada Sabtu, 11 Nop 2017 di area sawah tanaman padi terdampak WBC cukup parah berada di wilayah Kecamatan Sukatani dan Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. 

*B. Upaya*.

1. Mendata area tanaman padi yang terdampak WBC dengan Pemilahan di tiap-tiap Koramil.
   
*C. Pelaksanaan tindakan penyelamatan tanaman padi*

1. Waktu 
~ Senin, Selasa, Rabu (tgl 13-15, Nop 2017).
2. Kebutuhan pasukan 2 SSK/ 200 personil (1 SSK Yonmek 202 & 1 SSK Yonarmed 7).

*D. Mekanisme tugas penyelamatan selama 3 hari*.

1. Pukul 07.00 WIB
    ~ Pers Satpur/Banpur tiba di Posko.
    ~ Apel dan pembagian tugas beserta pembagian alat.
    ~ Dibagi 3 kelompok (penyemprot, pembajak,  dan pembabat/pembakar
    ~ Babinsa mendampingi di tiap-tiap pleton Satpur/Banpur.

2. Pkl 08.00 wib.
    ~ Menuju lokasi sawah tanaman padi sesuai sektor (Desa Sukajadi Kecamatan Sukatani & Desa Karang Haur Kecamatan Pebayuran).

*E. Dukungan logistik*
    ~ Didukung langsung dari Kementan.
(Agus Radio MPI)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA