» » Polres Karawang Merelakan Dua Kapal Jadi Perpustakaan.


Laporan : Egi Maulana dari Karawang Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Dua kapal jenis C2 dan C3 yang bersandar di dermaga markas satuan polisi perairan polres karawang di padati anak-anak yang sibuk membaca dan memilah buku yang tersedia.

“Kebanyakan bacaan anak. Ada buku cerita, komik bahkan buku pelajaran. Ada buku agama dan Iqra,” ujar Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam Indradi usai meninjau kapal pintar di perairan Ciparage, Karawang,

Buku bacaan terlihat disusun rapi di rak dalam kabin kapal.Anak-anak terlihat antusias dan terpantau beberapa diantaranya dengan santai membaca di geladak kapal.

Keterangan Ade, kapal pintar itu bukan hanya melayani pelajar. Tak jarang, kapal pintar melayani anak nelayan yang masih buta huruf Al Quran.

Untuk memberantas buta huruf di kalangan anak nelayan. Supaya bisa baca Quran. Kami juga mengerahkan polwan untuk mengajari anak – anak nelayan mengaji Al Quran,

Brigadir, Yosep dari Polair Polres Karawang mengatakan, setiap blusukan ke perkampungan nelayan, polisi mengerahkan seorang perwira dan 4 anggota untuk mengajari anak – anak membaca dan mengaji. Menurut operator kapal pintar itu, hampir setiap hari, 2 kapal itu menjelajah perairan Karawang.

“Ada 6 muara yang tercatat ditempati anak buta huruf. Kami sedang sering berkunjung 6 muara itu,” ungkap dia.

Keenam muara itu adalah Betok Mati, Kaleng Kalong, Ciparage, Pasir Putih, Tangkolak, Muara Baru dan Muara Lama. Kedepan, polisi berniat memperbanyak koleksi buku di kapal pintar.

“Saat ini koleksi kami hampir 4000 buku. Itu merupakan sumbangan dari anggota, perpustakaan pemda dan warga Karawang. Kedepan mudah – mudahan ada yang menyumbang,” pungkasnya.(Egi)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post