Sans Society XI IPS 1 Jawara Festival Band Foccus - 17

author photo
Laporan Agus Suprapto Yusbiyadi dari Bekasi Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Buat Sans Society Band yang berasal dari Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Cikarang  Utara yang dikomandoi oleh wali kelas Ibu Ratna kiranya kalimat bijak "Where there is will there is way" yang artinya dimana ada kemauan disitu ada jalan,  kiranya jadi kalimat sakti setidaknya buat para personilnya yang terdiri dari : Fuzi Lestari (Lead Vocal), M. Arya Dipanegara G. (Backing Vocal), Rafi Al-Adiyat (Lead Gitar), Syarif Hidayat (Rhytm), Farrel Azhar Ramadhan (Bass) dan Helmi Hasyim (Drum).

Dalam Festival Band di SMA Negeri 2 Cikarang Utara yang dahulu dikenal dengan SMAN 1 Lemahabang, bertajuk *Foccus*  "Festival of Cross Cultural" 
Dengan Tag Line "Semula'  (Seni Musik Lemahabang) yang berlangsung di Panggung  Apresiasi Seni dan Budaya pada hari Sabtu 18 Nopember 2017 pukul 08.00 sampai selesai Grup Band Sans Society berhasil mengalahkan puluhan pesaingnya. 

Lewat tembang pilihan yang sejatinya dari pedangdut bernama Vita Alvia yang sedang ngetrend berjudul  "Jaran Goyang", yang syairnya jenaka dan menggelitik berbumbu mistik, dibawakan dengan ciamik oleh Sans Society membuat para penonton bergoyang 'kekinian' ditingkahi suara sang vokalis Fuzi Lestari dan Arya Dipanegara dengan aransemen apik yang berhasil dikulik oleh Rafi,  Syarif,  Farrel dan Helmi selaksa menghipnotis para penonton dan dewan juri yang menjadikan Band Sans Society dari Kelas XI IPS 1 menjadi Juara 1 Festival Band Antar Kelas Foccus -17 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. 

Ungkap Farrel,  bahwa Band Sans Society itu terbentuk dimedio 2017 dengan latar belakang yang sama yakni kecintaan pada dunia musik.  Selanjutnya dengan hobbi yang sama tersebut kami kerap kali berkumpul di base camp kami di Jl. Mesjid Syiarul Islam Lemahang No.  18 Simpangan, Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. 

Masih menurut Farrel sang bassist yang diamini oleh gitaris Rafi bahwa kami sering ngulik lagu bareng dengan gitar akustik sesekali ditambah Cajon yang memang ada di base camp kami.  Menjelang Gelaran Foccus 17 yang merupakan ajang festival band antar kelas tahunan  di SMA Negeri 2 Cikarang Utara, kami berlatih hingga pukul 24.00 WIB sambil berjam session akustikan seraya memperkaya khazanah lagu dan musikalitas kami. 

Musik pada galibnya adalah bunyi yang diungkapkan melalui pola ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta lewat berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. 

Dengan musik dapat pula menghadirkan gambaran latar belakang budaya suata bangsa.  Oleh karenanya para generasi muda khususnya pelajar di SMA Negeri 2 Cikarang Utara harus bisa menjaga dan melestarikan kekayaan budaya termasuk seni musiknya jangan sampai diklaim atau dihak paten oleh bangsa dan negara lain. 

Persepsi,  Apresiasi dan Kreasi Seni ABG Zaman Now memang penuh dinamika dengan musikalitas relatif tinggi karena belajar bermusik adalah suatu proses apresiasi yang panjang,  teratur,  disiplin serta melalui tahapan-tahapan yang juga diperoleh lewat pola pikir yang baik dimana dengan pola pikir  yang baik yang melambari kemudahan belajar hal atau pelajaran yang baik. 

Musik kini bukan hanya semata sebagai media berekspresi dan entertain atau hiburan, akan tetapi dapat pula digunakan sebagai sarana pendidikan,  sumber inspirasi bahkan sebagai profesi.  

Istilah musik berasal dari bahasa Yunani yang sebenarnya adalah Dewa Mousikos. Dewa Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan serta menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan. Musik dapat diartikan  sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bunyi-bunyian. Ungkapan perasaan yang dihasilkan    melalui alat musik dinamakan instrumental sedangkan ungkapan yanh dihasilkan melalui suara manusia dinamakan vokal didalam band terkandung  unsur instrumental dan vokal sehingga bisa lebih mudah diapresiasi dan dinikmati oleh para pemerhati dan penikmat seni musik sebagaimana dalam Gelaran Foccus - 17 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara. 
(Agus Radio MPI)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement