PEMERINTAHAN

VIDEO

HUKUM

BISNIS

POLITIK

HIBURAN

IKLAN BARIS

FOTO

» » Tidak Transparasi Anggaran Desa Priangan jaya Jadi Perhatian Masyarakat Dan Tokoh Pemuda.

Laporan Egi Maulana dari Sukabumi Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Desa Priangan jaya Kecamatan Sukalarang mengendus adanya dugaan penyelewengan alokasi dana desa (ADD) dan bantuan provinsi 2016 dan 2017 Diduga tidak disalurkan sesuai peruntukan nya. Indikasi itu didasari tidak adanya pelaksanaan pekerjaan.

“Tokoh pemuda Desa Prianganjaya Dani Rojudin Mengatakan Kami mencium ada dugaan penyelewengan ADD tahap satu dan dua tahun 2016 dan 2017 di Desa Priangan jaya. Kami menerima laporan awal Januari. Setelah kita cek ke lapangan ternyata ada yang tidak sesuai peruntukan dalam pembangunan infrastuktur. Parahnya, selama pengerjaan tidak melibatkan LPMD maupun BPD. Kades mengerjakannya secara solo karir,” ungkap Tokoh Pemuda Prianganjaya, Dani Rojudin kepada inikabar.com, Senin (20/11)

Sebagai kontrol sosial, dari masyarakat, kata Dani akan menindaklanjuti dugaan penyelewengan di Desa Prianganjaya itu. Nantinya? laporan dan temuan di lapangan akan ditembuskan ke pihak yang berwenang.

Jika dalam waktu tiga bulan pihak desa tak bisa memperbaiki kinerjanya, Dani mengancam akan melaporkan bukti temuan di lapangan ke pihak kepolisian dan Inspektorat. Sehingga nantinya akan ditindaklanjuti dengan menyelidiki dugaan tersebut.

“Pemkab juga harus memungsikan pengawasan terhadap penggunaan dana desa, ADD,DD maupun banprov. Beberapa temuan membuktikan jika sekarang oknum Aparat Desa lebih pintar memainkan SPj,” ucapnya.

warga Desa Prianganjaya, mengatakan sejak desa dipimpin kepala desa Ece dan Sekdes nya Ujang muluk belum terlihat adanya perubahan pembangunan di wilayah desa prianganjaya adapun Bangunan kantor desa terlihat lebih bagus dengan menggunakan dana banprov terus berbenah merenovasi kantor desa walopun belum maksimal.

“Pembangunan ada yang dilaksanakan, tapi tidak ada keterlibatan masyarakat, LPMD, maupun BPD. Apiknya kantor desa bisa mencerminkan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” tanggapnya.

Sekdes Ujang Muluk membenarkan adanya keluhan masyarakat terhadap kinerja kepala desa. Tapi Ujang menjamin sekarang sudah tidak ada masalah sebab Kepala desa ece sudah di berhentikan dari jabatan sebagai kepala desa prianganjaya.kini di jabat Plt Uhe Suherman,

Ujang mengaku ADD 2016 dan 2017 tahap satu maupun dua sudah dilaksanakan untuk empat kegiatan, yakni pembangunan, pembinaan, pemberdayaan, dan anggaran tidak terduga (ATT). “Menyikapi hal ini, kembali lagi kepada penilaian masyarakat karena semua kegiatan maupun pembangunan dari ADD maupun banprov sudah dilaksanakan. Bisa dibuktikan sendiri,” tegas dia.

Sekertaris Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Komarudin, mengaku belum menerima laporan secara langsung dari masyarakat maupun LSM adanya dugaan penyelewengan anggaran di Desa prianganjaya “Saya belum menerima laporan secara tertulis dari masyarakat maupun LSM berkaitan dugaan penyelewengan tersebut. Kalaupun ada, kami akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. Kita akan cek terlebih dahulu,” kata Komarudin. (Egi)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply