» » Belajar Jadi Wartawan Propesional Untuk Pemula



INIKABAR.com - Bagi anda yang hobi menulis dan merekam video atau suka fhotograpy  ini anda cocok untuk menjadi Wartawan terutama anda yang sedang kuliah di fakultas komunikasi atau jurnalistik.Ada beberapa aturan yang harus Wartawan jalankan dan patuhi seperti aturan Undang-Undang Pers dan kode etik jurnalistik ini anda harus pelajari sebelum terjun kelapangan menjadi wartawan propesional.

Apabila anda sudah memahami semua aturan maka anda siap terjun kelapangan untuk liputan mencari berita.Untuk berita biasanya bebas apa yang anda lihat apa yang anda dengar bisa anda rekam atau di poto untuk bukti yang akan dipublikasikan di media.

Untuk mencari berita biasanya suka ada penugasan dari pihak perusahaan media seperti ditugaskan dikantor pemerintahan Pemda,Polres,Pengadilan dan tempat yang lainnya.Sebagai wartawan yang propesional harus bisa kerjasama dengan berbagai pihak seperti pihak pemerintah,pengusaha/swasta/LSM.masyarakat,partai politik supaya wartawan gampang medapatkan informasi.

Wartawan propesional tidak boleh menerima apapun dari narasumber termasuk menerima amplop alias uang dan jangan tajun apabila ada ancaman terkait pemberitaan.Berita harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya jangan berita bohong.Maka disarankan bagi anda yang mau belajar menjadi wartawan propesional maka anda harus mempelajari dulu aturan yang tadi lalu belajar liputan kelapangan liputan yang ringan-ringan saja dulu seperti berita banji,macet,dan lain-lain.

Jangan gampang menyerah dan harus siap kerjanya 24 jam siang malam anda harus siap liputan apabila ada kejadian atau ada kegiatan jangan tajut kalau ada kejdian apapun.

Sesudah anda lumayan bisa liputan anda bisa bergabung melamar kerja sebagai wartawan ke perusahaan-perusahaan media.(admn)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post