» » Kapolres Metro Bekasi Silaturahmi ke Putra Pahlawan Nasional KH. Noer Alie


Laporan Agus Suprapto Yusbiyadi dari Bekasi Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol.  Asep Adisaputra,  SH,  SIK,  MH,  MSi., pada hari Jumat tanggal 01 Desember 2017 pukul 09.50 sampai dengan pukul 10.50 WIB bertempat di kediaman putra Pahlawan Nasional KH.  Noer Alie yakni KH. Amin Noer MA yang berada di komplek Pondok Pesantren (Ponpes)  At Taqwa Puteri Kampung Ujung Harapan RT 04/02 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi

Silaturahmi Kapolrestro Bekasi yang lahir di Ban jarmasin tanggal 11 Mei 1971 ini kepada Pimpinan Ponpes At Taqwa Pusat KH. Amin Noer MA.

Dalam kunjungan tersebut Kapolres Metro Bekasi didampingi oleh Kasat Binmas Polrestro Bekasi AKBP Ys. Muryono, Kapolsel Babelan Kompol Suriyat SH, Kapolsek Bekasi Utara Polrestro Bekasi Kota Kompol Suroto SH dan para perwira Polsek Babelan Polrestro Bekasi
sebagai kunjungan Kapolrestro Bekasi  silaturahmi pada Putra Pahlawan Nasional KH.  Noer Alie yaitu KH.  Amin Noer MA. 

Sekapur Sirih tentang KH.    Noer Alie Sang Pahlawan  Nasional dari Kabupaten Bekasi.
KH.  Noer Alie lahir di Ujing Harapan Bahagia, Kecamatan Babelan,  Kabupaten Bekasi,  Provinsi Jawa Barat pada tahun 1914 dan Wafat pada tahun 1992. 

Berbekal ilmu pengetahuan yang diserap dari para gurunya di Bekasi, Jakarta dan Mekah,  sosok KH.  Noer Alie tumbuh menjadi seorang figur ulama pejuang yang mandiri, teguh dan istiqomah. 

Sepanjang hidupnya, KH.  
Noer Alie tercatat sebagai pejuang bersenjata pada masa Perang Kemerdekaan (1945-.1949). KH.  Noer Alie menjabat sebagai Komandan Batalion HIzbullah dan Laskar Rakyat Bekasi. Saat pertahanan Republik Indonesia porak-poranda,  atas persetujuan Jenderal Urip Sumoharjo maka KH.  Noer Alie mendirikan Markas Pusat Hizbullah-Sabilillah (MPHS) Jakarta Raya,  yang wilayahnya meliputi,  Jakarta, Bekasi, Karawang,  Cikampek dan Purwakarta 

Setelah Perang Kemerdekaan usai, KH.  Noer Alie terjun ke panggung politik menjadi Ketua Cabang Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) Bekasi dan Pusat, KH.  Noer Alie juga menjadi salah satu tokoh yang membidani lahirnya Kabupaten Bekasi kemudian menjadi Wakil Ketua Dewan Pemerintahan Daerah (DPD)  Kabupaten Bekasi serta menjadi Anggota Dewan Konstituante. 

Kiprah sebagai ulama KH. Noer Alie merintis pembangunan beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) seperti Pondok Pesantren Bahagia,  Pondok Pesantren attaqwa,  kemudian mendirikan Badan Kerjasama Ulama-Militer,  Majelis Ulama Jawa Barat,  Badan Kerjasama Pondok Pesantren (BKSPP) Jawa Barat,  Forum Ummat Islam,  yayasan Nurul Islam dan Islamic Center Bekasi. 

Atas jasa-jasa KH.  Noer Alie pemerintah dan masyarakat Bekasi mengabadikan nama KH.  Noer Alie menjadi nama jalan di Kali Malang yang menghubungkan Bekasi Kota dan DKI Jakarta,  Aula di Islamic Center Kota Bekasi dan Aula di Gedung Pemerintahan Kabupaten Bekasi. 

Pada hari Kamis tanggal 09 Nopember 2006, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional dan Bintang Mahaputra Adipradana untuk KH.  Noer Alie di Istana Negara Jakarta. 
(Agus Radio MPB)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post