PEMERINTAHAN

VIDEO

HUKUM

BISNIS

POLITIK

HIBURAN

IKLAN BARIS

FOTO

» » Sebanyak1600 Penderita HIV/AIDS Terdata di Kabupaten Subang

Laporan Deny Suhendar dari Subang Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Di Kabupaten Subang terdata hingga Tahun 2017, sebanyak 1600 Penderita HIV/AIDS. Hal ini dikatakan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Subang, dr. Maxi.‎

“Kami terus melakukan pendataan. Bahkan selama bulan Nopember (2017) kami menemukan 29 kasus,” ujarnya kepada wartawan disela-sela kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia di Aula Pemda Subang, Senin (11/12/2017).

Dr. Maxi, menjelaskan penanganan kepada para penderita dilakukan secara intensif. Dia juga menyebutkan tantangannya bahwa penyakit ini yang menular secara khusus. Sedangkan banyak warga masyarakat yang enggan dites karena enggan diketahui.

“Untuk memastikan orang itu terkena atau tidaknya bukan hanya dites saja,” ujarnya.

Dengan dites akan makin banyak diketahui penderitanya maka penularan makin bisa dikendalikan.

Upaya penanganannya dilakukan berbeda-beda sebenarnya. Untuk Kabupaten Subang termasuk yang lengkap dalam hal keberadaan tenaga penjangkau di lapangan. Dari penyuluh, pemeriksa, tenaga pendamping sampai tenaga konselor sudah ada di Subang.

“Dari 40 puskesmas di Subang 38 diantaranya sudah bisa melakukan pelayanan itu. Hanya 2 yang belum itu pun karena kecil puskesmasnya,” ungkapnya.

Kendati demikian upaya kerja sama lintas sektoral telah dilakukan diantaranya dengan Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kemen terian Agama, itu sudah berjalan dengan dinas pendidikan Lapas termasuk LSM yang peduli dengan HIV AIDS.

Dalam acara kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia turut dihadiri Bupati Subang, Imas Aryuningsih dan Sekretaris Daerah, Drs. H. Abdurakhman selaku Ketua KPA Kabupaten Subang.

Diisi dengan penampilan teater yang menyam paikan pesan supaya meningkatkan kepedulian masyarakat pada HIV/AIDS dan supaya tidak me ngucilkan keberadaan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pada kesempatan tersebut disampaikan berbagai penghargaan kepada pihak-pihak baik perusahaan, media massa, SPKD dan LSM yang peduli pada HIV/AIDS. (Deny Suhendar)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply