» » Wakapolrestro Bekasi Pimpin Upacara Hari Nusantara 2017

Laporan Agus Suprapto Yusbiyadi dari Bekasi Jawa Barat

INIKABAR.com , JAWA BARAT - Jajaran Polres Metro Bekasi pada hari Rabu tanggal 13 Desember 2017 pukul 07.30 WIB bertempat di Lapangan Apel Polres Metro Bekasi melaksanakan *Upacara Hari Nusantara Tahun 2017* yang dipimpin oleh Wakapolres Metro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan, SIK, MH, MSi yang sekaligus membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Assalamualikum Wr.Wb.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Om Swastyastu.

Puji syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahNya, sehingga pada hari ini kita dapat memperingati Hari Nusantara yg dilaksanakan setiap tanggal 13 Desember. Kegiatan ini  diselenggarakan dalam memperingati deklarasi Djoeanda yg dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya.

Hadirin Yang Saya Hormati,

Deklarasi Djoeanda pada 13 Desember 1957 merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yg utuh dan diantara pulau yg satu dgn yg lain tidak lagi terdapat Laut Internasional. Sehingga melalui pernyataan diri sebagai Negara Kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu Bangsa. Melalui Deklarasi Djoeanda ini pula, maka prinsip2 wilayah laut Negara Kepulauan kemudian diterima, sehingga wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi kurang lebih 5,8 juta KM2. Tanggal 13 Desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden RI kelima Ibu Megawati Soekarnoputri melalui Keppres No.126 tahun 2001.

Hadirin Yang Saya Hormati,

Sebagai Negara Kepulauan terbesar di dunia, sebagian besar wilayah Indonesia, hampir 75% merupakan laut. Laut yg demikian luas nya ini memiliki kandungan yg luar biasa dalam bentuk ikan, terumbu karang, rumput Laut, hutan bakau, bahkan sumber energi yg dapat dibangkitkan dari gelombang, pasang surut air laut, dll yg dapat menjadi alternatif energi terbarukan ramah lingkungan.
Momen Hari Nusantara, selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Bahari yg hidup di Negara Kepulauan bercirikan Nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah Mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari Matra Darat menjadi Matra Laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat. Hal ini tentunya dalam rangka mewujudkan Indonesia menjadi Negara Maritim yg mampu mengelola potensi sumberdaya alam laut bagi kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi pemerintah yg ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Hadirin Yang Berbahagia,

Pada saat pidato pelantikannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa kita telah lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat, dan teluk. Padahal sebagai Bangsa Maritim, laut adalah masa depan bangsa. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menerjemahkan arahan Presiden tersebut dengan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan pengelolaan kelautan nasional, melalui 3 misi, yakni: Kedaulatan, Keberlanjutan, dan Kesejahteraan. Salah satu wujud nyata dari pelaksanaan misi tersebut adalah dengan memberantas *_Illegal Fishing_* melalui penegakan hukum di laut, dimana saat ini telah memberikan dampak yg signifikan bagi perikanan di beberapa daerah Indonesia, bahkan Dunia Internasional.

Hadirin Yang Saya Hormati,

Tema peringatan Hari Nusantara 2017 ini adalah "Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" puncak acaranya dilaksanakan di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Peringatan Hari Nusantara ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi juga menjadi model kedaulatan Maritim kita, Ketahanan Nasional Kelautan  dan Pembangunan Terintegrasi bagi Kepulauan Terluar atau Terpencil, yg merupakan wujud sinergitas program kementerian/lembaga dalam pembangunan kelautan. Berbagai macam kegiatan telah dilaksanakan, seperti: pembangun fisik seperti Revitalisasi Sungai Kryan, Bakti Sosial, Donor Darah, Pemberian bantuan dan kegiatan positif lainnya.

Hadirin Yang Saya Hormati,

Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut, Pemerintah Kota Cirebon serta Kementerian/Lembaga yg mendukung penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara, yg memang digilir setiap tahun nya. Akhir kata, Saya ucapkan Dirgahayu Hari Nusantara 2017. Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr.  Wb.
(Agus Radio MPB)

loading...

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA