» » Kanit Bintibmas Polrestro Bekasi Giat Binluh Cegah Tangkal Radikalisme dan Ujaran Kebencian



INIKABAR.com , JAWA BARAT - Jajaran Sat Binmas Polres Metro Bekasi dibawah komando Kasat Binmas AKBP H.  Ys. Muryono didampingi Kabit Bintibmas Sat Binmas Polrestro Bekasi,  AKP Endang Longla,  AMd., melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Daarul Fikri di Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi dengan agenda utama memberi Penyuluhan.

Giat pembinaan dan penyuluhan (Binluh) tentang Antisipasi  Bahaya Radikalisme dan Menangkal Hate Speech/ Ujaran Kebencian   dilakukan oleh Kanit Bintibmas Polres Metro Bekasi AKP Endang Longla, AMd., dan Team Sat Binmas Polres Metro Bekasi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Januari 2018 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di Masjid Pondok Pesantren Daarul Fikri Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.
 
Sejatinya Binluh seperti ini merupakan pengejawantahan Community Policing yang selanjutnya disebut Polmas.  

Dalam Perkap No. 3 Tahun 2015, Polmas adalah suatu kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat, sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan kamtibmas di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya. 

Turut hadir dalam Binluh antisipasi bahaya radikalisme dan menangkal ujaran kebencian ini, pengurus Yayasan  Ponpes Daarul Fikri,  Ustadz Kartubi dan Ustadz Aliman, Bhabinkantibmas Aiptu Sugianto dan Bhabinsa Desa Telaga Murni Pelda Joko AS.

Dalam Binluh tersebut , Kanit Bintibmas  menguraipaparkan dengan lengkap dan gamblang tentang pengertian Hate Speech, Unsur-unsur apa saia yang terkasuk Ujaran kebencian, Bentuk- Bentuk Ujaran Kebencian, Alat/prasarana yang digunakan, Dampak dari Hate speech, Data kasus yang ditangani oleh Kepolisian, Proses penanganan dan penegakkan hukum berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008. 

Pada giliran berbeda,  Ipda Suwari, SH., menyampaikan pula tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bagaimana mengantisipasi adanya Radikalisme  di lingkungan tempat tinggal sehingga pelajar dapat memahaminya dan dapat pula mengantisipasi terhadap bahaya radikalisme pada dirinya dan keluarganya. 

“Mudah mudahan kerjasama antara pihak Pondok Pesantren Daarul Fikri Cikarang B as rat dan Sat Binmas Polres Metro Bekasi ini akan terus dan tetap berlanjut dalam hal pembinaan dan penyuluhan yang merupakan program preemtif dari  Kepolisian khususnya Sat Binmas Polres Metro Bekasi,” beber Kasat Binmas Polrestro Bekasi AKBP H. Ys. Muryono.

Tambahnya, giat binluh seperti ini amatlah sejalan dengan 
10 Program Prioritas Kapolri :
1. Pemantapan reformasi internal Polri. 
2. Peningkatan Pelayanan Publik yang lebih mudah bagi masyarakat berbasis teknologi infirmasi. 
3. Penanganan Kelompok Radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal. 
4. Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan
5. Peningkatan kesejahteraan anggota Polri. 
6. Tata Kelembagaan,  pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan minimal sarpras. 
7. Bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.
8. Penguatan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).
9. Penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan. 
10. Peningkatan pengawasan. 
(Agus Radio)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post