» » Masyarakat Desa Ciwaringin Pertanyakan Transparansi Pengelolaan BUMDES




INIKABAR.com , JAWA BARAT - Sebagian Masarakat Desa Ciwaringin Kecamatan Lemah Abang merasa geram dengan sikap Kepala Desanya, Ocih, yang tidak Transparan soal anggaran dan aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Budi Asih. Padahal, dana untuk BUMDes sudah cair selama tiga tahun terakhir ini.

Seperti yang disampaikan seorang warga, inisial AS Menurutnya, selama ini kepala desa dan pengurus BUMDes Budi Asih tidak pernah mengumumkan terkait kegiatan dan anggarannya. Di tahun 2017 ini, ia pernah mendengar dana Rp130 juta lebih cair untuk BUMDes, belum lagi anggaran tahun 2015 dan 2016.

“Sekiranya kades dan pengurus BUMDes harus transparan dana sebanyak itu digunakan untuk apa saja. Selama ini belum kami rasakan manfaat keberadaan BUMDes tersebut,” kata AS kepada inikabar.com sabtu (6/1/2018

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, kepala desa pernah meminjamkan dana BUMDes ke seorang warga yang juga Ketua BPD Ciwaringin, Ojat. Tapi warga tersebut dinilainya orang yang mampu secara finansial, sedangkan warga yang kurang mampu tidak pernah dibantu.

“Seharusnya kades jangan tebang pilih dalam membantu warganya.

As berharap, BUMDes Budi Asih juga harus memperhatikan warga yang kurang mampu. Pasalnya, dalam musim paceklik ini, warga kurang mampu sangat membutuhkan suntikan dana untuk melakukan usaha.

“Jika bumdes benar benar di jalankan dengan baik dan tidak tebangpilih maka perekinomian masarakat  akan terbantu dengan program Bumdes ini apalagi dikasih modal dari dana bumdes itu tentunya sangat membantu para pedagang kecil,” pungkasnya.
(Egi)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post