» » Parah Buruknya Drainase Menjadi Penyebab Jalan Rusak



INIKABAR.com , JAWA BARAT - Setelah Turun Langsung Melihat infrastuktur Jalan Rusak Bupati Karawang menilai salah satu penyebab kerusakan jalan diwilayah Desa Mekarmaya Kecamatan Cilamaya Wetan tepatnya depan Pt Pertamina Cilamaya cepat rusak dan berlubang akibat tidak berpungsi atau buruk nya saluran air/drainase sehingga menyebab jalan tergenang air.

“Walaupun perbaikan jalan baik penambalan maupun pengaspalan baru dilakukan, tetap saja cepat rusak. Itu karena saluran air atau drainasenya tidak berpungsi, sehingga air tumpah kejalan, dan itu hal yang mustahil bila jalan akan bertahan lama,” ungkap Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana kepada awak media, usai meninjau jalan rusak, Selasa (6/2/2018) dicilamaya.

Menurut Cellica, karena air hujan tidak dapat mengalir dengan baik, sehingga terjadi genangan di mana-mana, yang menyebabkan jalan lama-kelamaan menjadi hancur dan rusak.

“Jalan itu tahun ini akan diperbaiki menggunakan rabat beton. Dana sebanyak 5 Miliar dianggarkan untuk cor jalan Cikalong – Cilamaya. Tinggal nunggu tender nya saja. Sementara kita perbaiki menggunakan arugan makadam biar jalan tidak dalam,” ucapnya.

Menurut nya ada beberapa hal penyebab utama jalan cepat rusak dicilamaya wetan ini, diantaranya karena drainase buruk, yang membuat air akan mengalir ke jalan dan memasuki lubang-lubang hingga bagian terkecil. Selain itu, akibat tonase kendaraan yang melewati jalan tidak seimbang, karena setiap ruas jalan masing-masing memiliki daya tahan tersendiri, sehingga perlu adanya pembatasan kendaraan-kendaraan berat untuk memasuki jalan tertentu.

“Genangan air yang masuk ke lubang jalan, terjadi karena meluapnya air hujan dari gorong-gorong pinggir jalan menuju badan jalan,” terangnya.

Sementara, tambahnya, saluran air tidak difungsikan secara maksimal, meningkatnya jumlah bangunan atau ruko di bahu jalan sama saja tidak mempertimbangkan sistem pembuatan saluran air dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, drainase harus dipungsikan.

“Kondisi ini dapat memicu ketidak tahanan ruas jalan yang ada, sehingga membuat jalan cepat rusak. Maka drainase nya harus diperbaiki, agar jalan yang sudah dipebaiki bertahan lama,” pungkasnya. ( Egi Maulana )

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post