» » Dinas Kepariwisataan Kepulauan Selayar Sukses Kembangkan Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat




INIKABAR.com , SULAWESI SELATAN - Semangat percepatan pembangunan di segala sektor, berhasil ‘ditularkan’ Bupati Kepulauan Selayar,  Sulawesi-Selatan, Muh. Basli Ali kepada jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang tengah dipimpinnya saat ini.

Hal tersebut dibuktikan dari kinierja masing-masing OPD yang mulai ramai-ramai membuat langkah gebrakan di instansinya.  di lingkungan Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar, konsep pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan partisipatif dibangun Andi Abdurrahman, SE., M.Si untuk merubah stigma berpikir masyarakat agar dapat turut andil dalam melakukan upaya pengembangan potensi pariwisata di wilayahnya.

Konsep ini diharapkan Andi Abdurrahman akan dapat menekan dan meminimalisir estimasi penganggaran untuk kegiatan pembangunan fisik di sektor pariwisata.
Ia berharap, masyarakat dapat bahu-membahu dengan jajaran aparat pemerintah desa dalam mensiasati kebutuhan anggaran kegiatan pembangunan sarana-prasarana pendukung wisata di masing-masing wilayah.

Konsep pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan partisipatif didesign Dinas Kepariwisataan dengan mengusung semboyan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat disertai harapan  masyarakat dan badan usaha milik desa (Bumdes) akan bersama-sama menumbuhkan taraf kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan unit usaha penyediaan warung makan, serta kebutuhan pengunjung lainnya di lokasi destinasi pariwisata.

Seiring dengan mulai berlaku efektifnya konsep pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, maka persoalan pengalokasian anggaran diharapkan akan tercover habis meski tanpa bantuan dan intervensi pemerintah.

Pemerintah pusat dan kabupaten baru akan melibatkan diri ketika kegiatan proyek pembangunan yang akan dilaksanakan membutuhkan sentuhan anggaran bernilai besar dan tidak dimungkinkan tertutupi oleh pos anggaran alokasi dana desa (Add).       

Penerapan konsep pengembangan pariwisata berbasis masyarakat diklaim Andi Abdurrahman sebagai salah satu tips dan kunci sukses Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar dalam membangkitkan motivasi serta gairah membangun masyarakat yang akhir-akhir ini sangat dirasakan keterlibatannya pada kegiatan pengembangan sektor kepariwisataan daerah.

Kutipan pernyataan ini dilontarkan Kepala Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Abdurrahman dalam season wawancara ekslusif dengan wartawan di ruang kerjanya, pada hari Senin, (19/03/2018) siang. (fadly syarif)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post