PEMERINTAHAN

VIDEO

HUKUM

BISNIS

POLITIK

HIBURAN

IKLAN BARIS

FOTO

» » Pesta Laut di Basisir Pantai Patimban Berlangsung Meriah


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Pesta laut di basisir pantai Patimban dilingkungan Dusun Tarungtum Desa Patimban Kecamatan Pusaka negara Kabupaten Subang Jawa Barat, berlangsung meriah, puluhan perahu nelayan lengkap dengan hiasan penuhi perairan basisir pantai Patimban untuk ambil bagian dalam pesta laut (Nadran), Minggu (29/4/2018) kemarin.

Hadir dalam acara pesta laut tersebut, Plt. Bupa ti Subang, H. Anting Rusnatim, sejumlah Pejabat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda dan masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam acara Pesta laut ini dilakukan setiap tahunnya oleh nelayan basisir pantai Patimban adalah merupakan agenda (Budaya) turun menurun nelayan dengan tujuannya 'dzat illahi' untuk mendapat keberkahan dan keselamatan nelayan dalam mencari ikan.

Camat Pusakanagara Hj. Ela Nurlaela dalam sambutanya mengatakan, ada sekitar puluhan perahu besar dan kecil, ikuti kegiatan nadran yang diadakan setahun sekali oleh KUD Mina Misaya Guna dan warga Dusun Truntum Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara, Kab. Subang.

“Ini adalah merupakan budaya adat dan tradisi para nelayan sejak dulu yang turun temurun, inti dari kegiatan ini tetap kepada dzat illahi, guna mendapatkan keselamatan dan keberkahan saat melaut, dan ini rutin dilakukan para nela yan yang ada khususnya di kawasan Basisir Pantai Patimban Pusakanagara,” kata Camat Ela didampingi Kades Patimban, Darpani.

Dalam acara pesta laut (Nadran) tersebut, dibarengi dengan memotong kepala kerbau untuk ditenggelamkan di tengah laut sebagai bentuk rasa syukur.

Menurut Camat Ela, tradisi pesta laut (Nadran) ini,  dilakukan nelayan ini merupakan budaya turun temurun nelayan yang perlu dirawat dan dilestarikan 

“Nadran harus tetap ada dan harus terus diles tarikan, karena ini budaya leluhur tak boleh hi lang sekalipun nanti kawasan Patimban ini akan dibangun Pelabuhan Internasional,” pungkasnya.

Pantuan inikabar.com, acara pesta laut berlangsung sangat meriah, ribuan masyarakat dari berbagai daerah datang memadati kawasan basisir pantai patimban. Berbagai spanduk dan umbul-umbul menghiasi setiap perahu dan kapal nelayan yang terkesan sangat meriah.

Selain itu, dalam acara pesta laut dikawasan basisir pantai Patimban ini juga diadakan berbagai perlombaan seperti olah raga,  pasar murah, kuliner khas laut dan hiburan serta carnaval hingga mampu menghibur ribuan warga yang sejak pagi memadati kawasan Basisir Pantai Patimban.(Deny Suhendar)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply