» » Plt. Bupati Subang Hadiri Ruatan Bumi Desa/ Kecamatan Cikaum



INIKABAR.com , JAWA BARAT - Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, menghadiri kegiatan Ruwat Bumi Desa/Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang Jawa Barat, yang di Gelar di Lapang Alun-alun Kecamatan Cikaum. Selasa (4/9/2018).

Pantauan Inikabar.com, hadir dalam acara tersebut selain Plt. Bupati Subang, Camat Cikaum termasuk para unsur dan atap kecamatan, seluruh kepala desa di Kecamatan Cikaum  dan para tamu undangan lainnya.

Plt. Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikanan bahwa ruat bumi merupakan salah satu warisan orang tua dulu yang masih di jalankan di beberapa desa, dimana ruwatan bumi merupakan ritual manifestasi rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi.
Selanjutnya ruwatan itu sendiri adalah berasal dari kata dasar Ruwat atau ngarawat (bahasa Sunda) yang artinya memelihara atau mengum pulkan. Karena itu makna dari mengumpulkan adalah mengajak masyarakat seluruh kampung berikut hasil buminya untuk dikumpulkan, baik yang masih mentah maupun yang sudah jadi atau dalam taraf pengolahan. 

"Ya...tujuannya dari ruatan itu selain rasa syukur tadi sekaligus sebagai tindakan tolak bala dan penghormatan terhadap para leluhurnya," pungkas Plt. Bupati Subang. (Deny Suhendar)

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post