-->

Iklan

Puluhan Ribu Santri Di Kabupaten Subang Antusias Sambut HSN 2018

Rabu, 24 Oktober 2018, Oktober 24, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:02:46Z



 


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Puluhan ribu santri dari berbagai pesantren di Kabupaten Subang, antusias menyambut sekaligus memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018, digelar di lapangan halaman Kantor Kemenag Kabupaten Subang, Senin (22/10/2018).





Dalam menyambut dan memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 ini, para tokoh Agama dan santri-santri dari berbagai pesantren selain melaksanakan kirab Santri, sebelumnya melak sanakan upacara peringatan Hari Santri Nasio nal (HSN), bertindak sebagai pembina upacara Plt. Bupati Subang, digelar di lapangan upacara halaman kantor Kemenag Kabupaten Subang.





Pantauan inikabar.com, hadir acara kegiatan  tersebut selain Plt. Bupati Subang, Kepala Kemenag Subang, Kapolres Subang, para tokoh agama dan para santriwan-santriwati sebagai peserta upacara.




Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim, SE dalam sambutannya menyampaikan Amanat Menteri Agama RI, bahwa HSN tahun 2018, ini  mengam bil tema “Bersama Santri Damailah Negeri”. Isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia saat ini tidak memperso alkan momentum yang disebut hijriah itu identik dengan kaum Muhajirin.


Kendati demikian pemerintah sepatutnya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya NKRI. Karena itu, peringatan HSN harus dimaknai sebagai uapaya memperkokoh segenap umat beragama dan satu sama lain saling menghargai.





"Ya..agar satu sama lain saling menghargai dan berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejah teraan , berkemakmuran dan berkeadilan, tutur Ating.


Kemudian di kalangan pesantren dalam hal ini adalah para kiai, santri dan elemen umat islam yang belajar kepada orang-orang pesantren di harapkan oleh segenap bangsa Indonesia untuk mencurahkan energinya dalam rangka menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan masyarakat di tengah situasi saat ini yang penuh dengan berbagai fitnah.





"Karena itu demi keutuhan NKRI dan Pancasila itu, para tokoh agama dalam hal ini Kyai dan/ atau Santri andil besar dalam menjaga keruku nan dan keutuhan NKRI," ungkap Ating.


Selain itu Plt. Bupati Subang, pada kesempatan itu dilaksanakan pengukuhan pengurus Forum Pondok Pesantren Kabupaten Subang, dilanjut kan pelaksanaan penyerahan penghargaan ke pada pelatih Pospeda Kab. Subang yang menda patkan medali emas, perak dan perunggu dan pengalungan medali kepada kontingen Pospe da VIII tingkat Provinsi Jawa Barat di Kuningan serta kemudian pelepasan kontingen perkema han pramuka santri nasional di provinsi Jambi yang diwakili oleh santri Ponpes At-tawazun Kalijati Subang.


Setelah pelekasanaan uapcara selesai dilanjut kan dengan kirab para santri mengelilingi jalan protocol kota Subang dengan finish di depan Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang yang dilanjutkan dengan acara tabligh akbar dengan penceramah KH. Mujib Khudhori dari Jakarta.


Disela acara tabligh akbar dilaksanakan penyerahan bantuan santri dari Baznas Subang dan penyerahan hadiah dari berbagai perlombaan dalam rangkaian Hari Santri.(Deny Suhendar)




Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru