Search This Blog

Breaking News

Setiap Musim Hujan Belasan Rumah Cisarua Girang Sering Kebanjiran


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Setiap hujan datang, mengguyur belasan rumah di Kampung Cisarua Girang RT01/01, Jalan Selabintana, Desa Wanasari, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kerap terendam luapan banjir cileuncang. 

Seperti yang terjadi Selasa (11/12/2018) siang ini, hujan kembali mengguyur dengan deras. Meskipun tidak berlangsung lama, namun air dari selokan yang melintasi permukiman meluap. Sehingga jalan gang pun mirip selokan.

Meskipun air yang merendam rumah tidak terlalu tinggi, hanya sekitar mata kaki, namun bagi warga sangat membosankan. Karena setiap peristiwa terjadi harus langsung membersihkan lumpur dan kotoran lainnya.

"Kalau hujan besar ya seperti ini, jalan gang menjadi selokan. Air juga masuk ke dalam rumah, apalagi bila hujannya deras," ungkap salah seorang warga, Rahmat (68) kepada wartawan di Kampung Cisarua Girang.
Dia menuturkan peristiwa meluapnya air selokan hingga masuk ke dalam rumah sudah berlangsung beberapa tahun lalu setiap musim hujan. Namun hingga saat ini belum ada jalan keluar untuk mengatasinya.

"Kalau sudah musim hujan, saya mau keluar rumah jadi was-was. Karena khawatir rumah terendam," aku dia, sambil menunjukkan rumah yang posisinya lebih bawah dengan jalan gang,padahal jarak rumah ke kantor kecamatan Selabintana tidak jauh.

Ujang Suhadma (52) warga lainnya menuturkan bila hujan turun langsung memasang papan-papan kayu di depan rumah. Langkah ini untuk menghalangi arus air agar tidak masuk ke dalam rumah.

"Saya sudah bosan juga. Kalau hujan harus pasang papan. Dulu sebelum pasang papan, air selokan ini masuk ke dalam rumah dan terus harus bersih-bersih," tutur dia.

"Kami warga,Cisarua Girang berharap kepada Pemerintah terkait untuk memperhatikan warganya karena setiap hujan datang selalu aja banjir Cileuncang masuk kerumah rumah,  Pungkasnya.(Ois/Egi Maulana)