Breaking News

Bawaslu Mamasa Minta Panwascam Profesional Dalam Menjalankan Tugas.

Bawaslu Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat saat menggelar di Aula matana II Selasa 15 Januari 2019
Laporan : Wahyuandi

INIKABAR.com , SULAWESI BARAT - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) sebagai bentuk peningkatan kapisitas pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 di Wilyah Kabupaten Mamasa. Kegiatan tersebut digelar di Aula Hotel Matana II Selasa 15 Januari 2019.

Ketua Bawaslu Mamasa Rustam Pasiduru, menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan pembekalan kepada seluruh penyelenggara yang ada di tiap-tiap Kecamatan yaitu Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dikarenakan Pemilu tinggal menghitung hari dilakasanakan.

"Perlu sekali kita melakukan pembekalan memasuki tahun 2019 ini sebelum memasuki 17 April karena kita ketahui bahwa dari proses penyelenggaraan pemilu, pada masa itulah proses yang paling krusial," Jelas Rustam di Mamasa Sulawesi Barat.

Menurut Rustam, sekaitan dengan proses penyelenggaraan pemilu, masyarakat lebih menitik beratkan kapada penyelenggara untuk melaksanakan tugas tugas yang telah diamanahkan dalam rangka melaksanakan proses pemilu seadil-adilnya, berintegritas dan bermartabat. Untuk menentukan penyelenggaraan pemilu berintegritas dan bermartabat, kata dia, dibituhkan profesinalitas kerja dan etika moral kerja.

"Ketika kita betul betul profesional bekerja, memahami apa tugas pokok kita, maka saya kira hal ini akan terwujud, dan kita mendapatkan penilaian bahwa kita berintegritas, kalau etika kita bagus, tentu orang akan menilai bahwa bawaslu ini memang layak untuk dipercaya dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu", katanya.
Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Sulawesi Barat, Supriadi Narno menerangkan, rapat yang digelar Bawaslu Mamasa, penting untuk dilaksanakan, mengingat penyelenggaraan pemilu tinggal 92 hari lagi. Diaharapkan sisa hari hari itu, dapat dimanfaatkan dengan baik.

"92 hari ini, bisa menjadi singkat, tetapi bisa juga menjadi panjang. Singkat ketika kita mengerjalannya dengan penuh kesibukan, dan panjang ketika tugas kita sebagai bawaslu mengawasi proses ini sehingga tidak ada pelanggaran," terangnya.

Rapat kerja ini dilakukan selama dua hari dengan diikikuti koordinator SDM dan Organisasi Panwascam, Kepala Sekretariat Panwascam, Bendahara Panwascam, dan Operator Keuangan Panwascam, se-Kabupaten Mamasa.
| BACA JUGA YANG LAINNYA |