Breaking News

Ini Risiko Beli Rumah Yang Sertifikat Rumahnya Digadaikan



INIKABAR.com - Mau beli rumah? Jangan sembarangan, apalagi jika mendapat penawaran harga murah. Takutnya apabila ternyata sertifikatnya sedang 'disekolahkan', alias sertifikat rumah digadaikan penjualnya ke bank. Risikonya besar!
Untuk amannya sih cari saja pilihan rumahnya di review properti yang diulas secara detil dan obyektif oleh tim ahli Rumah.com atau bisa juga dengan memanfaatkan jasa agen properti profesional yang tergabung di Rumah.com yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda.
Nah, khusus untuk kasus beli rumah yang sertifikat rumahnya digadaikan, entah karena pertimbangan harga yang ditawarkan atau mungkin juga karena iba sehingga Anda coba berspekulasi dengan membeli rumahnya, Anda harus ekstra hati-hati. Bukan apa-apa, beli rumah yang sertifikat rumahnya digadaikan sangat berisiko, misalnya:
  • Bisa saja terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh pihak penjual
  • Rumahnya mungkin saja sudah disita bank
Apalagi biasanya pihak penjual akan meminta pembayaran uang muka atau DP lebih dulu. Alasannya, agar sertifikat yang sedang dijaminkan pihak penjual bisa diambil guna memudahkan pengurusan dokumen jual beli. Masuk akal, sih. Tapi sekali lagi, sangat berisiko.