Breaking News

Pasokan Minim, Harga Cabai Meroket


INIKABAR.com , BALIKPAPAN - Harga cabai kembali melejit. Pantauan Balikpapan Pos di sejumlah pasar tradisional, Senin (29/7), harganya menyentuh Rp 60 sampai Rp 70 ribu per kilogram. "Sudah beberapa hari harga naik. Dari harga Rp 40 ribu per kilogram saya jual, langsung naik jadi Rp 60 ribu per kilogram," kata pedagang di Pasar Pandansari Muhammad Rahul Khan Ansari dijumpai di sela aktivitasnya, kemarin. 

Untuk cabai berkualitas tingginya, sebut dia, harganya mencapai Rp 80 ribu per kg.  
Dikatakannya, minimnya pasokan dari Pulau Jawa jadi penyebab naiknya harga. "Di Jawa (stok) kosong, jadi kami datangkan dari Sulawesi, padahal selama ini enggak pernah ngambil dari sana. Nah di Sulawesi juga (pasokannya) terbatas," ucapnya.
Pria yang akrab disapa Rahul ini menerangkan, saat kondisi normal ia memasok cabai sebanyak 20 peti. Masing-masing seberat 43 kg. Jumlah itu ludes dalam waktu empat hari. Namun sejak pasokan minim dan harga melambung, cabai yang dipasok ikut berkurang. "Sekarang hanya 5 hingga 10 peti aja. Ini sudah satu minggu tapi belum habis," ungkapnya kemudian. Menurutnya, sejak kenaikan harga terjadi, volume pembelian konsumen ikut berkurang. "Biasa beli seperempat atau setengah kilogram sekarang rata-rata hanya 1 ons," paparnya. 
| BACA JUGA YANG LAINNYA |