Breaking News

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wasir


INIKABAR.com - Sakit saat buang air besar adalah hal yang menyiksa, apalagi jika kamu juga kesulitan untuk duduk. Hal tersebut dipastikan kamu menderita wasir atau disebut Ambeyen. Sejatinya, wasir seperti varises di kaki karena wasir termasuk pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di dalam dan sekitar anus sehingga menimbulkan nyeri yang berlebih.
Biasanya penyakit tersebut disebabkan akibat diare kronis atau mengejan ketika buang air besar. Tetapi kamu tenang saja karena terdapat pengobatan alami tanpa efek samping loh, yaitu menggunakan lidah buaya, anda dapat mengambil daging lidah buaya dan diminum air rebusannya sekitar 1 gelas.

Manfaat Lidah Buaya Untuk wasir

Lidah buaya berasal dari timur dan selatan Afrika, tetapi kini di Indonesia  sudah dibudidayakan. Sejatinya,  tanaman tersebut memiliki bunga yang berbentuk tabung dan daun berdaging yang mengandung gel dan sering dijadikan tanaman hias oleh masyarakat.
Lidah buaya mengandung zat Bradykinase, yaitu enzim yang dapat membantu mengatasi peradangan. Selain itu, gelnya memiliki senyawa aktif yang dapat mempercepat penyembuhan luka maupun meringankan rasa nyeri yang merupakan gejala umum dari penyakit wasir.
Pastinya sifat anti inflamasi pada lidah buaya bisa menghilangkan pembengkakan. Bahkan menghilangkan sensasi panas dan peradangan, sifat tersebut membuat lidah buaya bisa mengurangi iritasi wasir. Yang terpenting, rasa dingin pada cairan atau gelnya memberi efek yang menenangkan.
Penderita wasir yang  mengkonsumsi lidah buaya bisa membuat tinjal menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Alhasil membuat tekanan pada wasir berkurang ketika mengejan. Apalagi menurut penelitian, lidah buaya mengandung antrakuinon yang merangsang kontraksi pada dinding saluran pencernaan dan melancarkan sekresi cairan oleh usus besar.
Usahakan mengonsumsi setengah cangkir jus lidah buaya sebanyak 3 kali sehari secara rutin ya. Dengan begitu membantu seseorang mengurangi wasir, sekalipun di minum jangka panjang tidak memiliki efek samping. Justru menyehatkan dan menyembuhkan wasir secara total.
sumber : indsi.id
| BACA JUGA YANG LAINNYA |