Breaking News

Disdamkar Kabupaten Garut Musnahkan Tawon Vespa Affinis Membahayakan Warga


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Dinas Kebakaran (Disdamkar)  Kabupaten Garut telah Musnahkan sarang tawon  jenis vespa affinis bertempat dikampung ciseupan Rt. 02/10 Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Rabu, 18/03/2020. 

Dalam proses pemusnahan sarang serangga tawon affinis, Dinas Kebakaran Kabupaten Garut menerjunkan satu unit mobil Rescue serta menerjunkan Empat Personel diantaranya;  Agam Sugama sebagai Driver, Ian Darlian, Suryadi, dan Asep Ridwan sebagai Anggota Rescue.   

Anggota Rescue Asep Ridwan menyampaikan kepada wartawan dalam proses pemusnahan sarang serangga tawon affinis memakan waktu kurang lebih satu Jam tiga puluh menit, mulai dari evakuasi warga terdekat, penutupan lobang serangga, pembasmian dengan cairan kimia dan bensin, pengrusakan sampai akhir pemusnahan itu semua kita lakukan dengan tertib, hati-hati agar tidak membahayakan petugas dan warga terdekat, Ucapnya. 
Lanjut Asep proses pemusnahan serangga tawon vespa affinis haya dilakukan di waktu malam hari saja dengan tujuannya untuk menjaga keselamatan petugas dan masyarakat, dari sengatan tawon jenis vespa affinis ini. Karena sengatannya sangat membahayakan bagi  seseorang bila tersengat tawon dalam jumlah banyak, bahkan bisa juga menimbulkan kematikan bagi orang tersebut. Kami berhap jangan sampai terulang kembali terjadi seperti di Kecamatan Bayombong Bulan Nopember 2019 lalu, dua anak selamat satu anak meninggal dunia, Imbuhnya. 

Asep menghimbau kepada warga masyarakat bila ada sarang serangga tawon yang masih kecil segera musnahkan jangan sampai menunggu sampai besar, karena pada umumnya serangga tawon vespa affinis ini hampir 70℅ bersarang dirumah-rumah warga. Selain itu kami berharap apabila menemukan sarang serangga tawon affinis dalam ukuran besar segera lapor ke desa atau langsung ke dinas pemadam kebakaran terdekat untuk ditindaklanjuti, Ujarnya.  
Salah satu keluarga Ibu Ilih, Wulandari menyampaikan ucapan trimakasih kepada pihak Damakar Kabupaten Garut yang telah sigap dalam menerima laporan masyarakat, Alhamdulillah tawon yang ada dirumah ibu saya sudah aman, jujur saya sangat hawatir karena sarang tawon hampir 6 Bulan berada diatas genteng, Ucapnya. 

Hal senada salah satu ketua tokoh Agama Ade Yuda gama, dan Ketua Rukun Tetangga Lilis, menyampaikan beribu-ribu banyak trimakasih kepada pihak Damakar yang telah memusnahkan sarang serangga tawon yang ada dirumah warga dimana lokasi sarang tawon itu dekat Masjid sehingga kami tidak ada kekhawatiran lagi bagi anak-anak kecil yang bermain atau berangkat kemasjid, Ucapnya. 

Saat dihubungi melalui telepon selulernya Kepala Desa Bagendit Pak Eden Saleh tidak bisa hadir dan mengucapkan trimakasih kepda pihak Disdamkar Kabupaten Garut. Sementara itu ada dilokasi Kepala Dusun III mewakili Pemerintah Desa Bagendit Ujang Dayat memberikan Apresiasi kepada pihak Disdamakar Garut yang sangat responsif terhadap warga masyarakat Dusun III. Sigap, lanjut dan maju terus Damkar Garut, Pungkasnya.
Jurnalis: Beni
|| BACA JUGA YANG LAINNYA ||