-->

Iklan

Inspektorat Kab.Karawang Menggelar Pemeriksaan di Desa Kosambibatu

Selasa, 23 Januari 2018, Januari 23, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:04:39Z




INIKABAR.com , JAWA BARAT - Dalam Rangka pemeriksaan di Desa Kosambibatu Kecamatan Cilebar Inspektorat Kabupaten Karawang menggelar pemeriksaan reguler tahunan selasa ( 23/01/2018).Dalam pemeriksaan itu, tim pemeriksa Inspektorat menurunkan sebanyak 7 orang dan diketuai oleh Asito Eddy,

Menurut Asito Eddy S, kegiatan pemeriksaan yang dilakukannya hanya bersifat pembinaan dan bukan mencari kesalahan aparat desa.


“Sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya, setiap desa akan diperiksa oleh Inspektorat, jadi tentunya setiap desa sudah menyiapkan laporan dari berbagai bidang yang akan diperiksanya,” ungkap Asito.

Menurut Asito yang terpenting dari pemeriksaan reguler tersebut yakni setiap desa bisa menjalankan pemerintahannya dengan tertib administrasi sesuai dengan program pemerintah daerah maupun pusat. Adapun pemeriksaan yang dilakukan tetap kepada empat aspek pemerintahan desa yaitu aspek kebijakan, aspek kelembagaan, aspek kekayaan dan yang terakhir aspek keuangan dan pemeriksaan fisik di lapangan.

Untuk aspek kebijakan, kata dia, yang diperiksa adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Badan Pengawas Desa (BPD) Desa Kosambi batu. Untuk aspek Kelembagaan, lanjutnya, yang diperiksa adalah Kaur Desa dan Kepala Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Sedangkan untuk aspek kekayaan desa yang diperiksa adalah Bendahara Desa dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) yang dikelola oleh Desa Kosambi batu, dan untuk aspek yang terakhir, aspek keuangan dan pemeriksaan secara fisik ke lapangan, sejauh mana realisasi pembangunan fisiknya.

“Sejauh ini kami belum menemukan adanya penyelewengan yang dilakukan, temuannya hanya sebatas kurangnya tertibnya pengadministrasian yang dilakukan oleh aparat desa, disini kami mengarahkan agar kedepannya desa menjadi lebih baik,” ungkap Asito.

Menurutnya kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah Kabupaten Karawang, supaya penyerapan anggaran ke desa menjadi lebih tepat guna dan digunakan dengan benar oleh aparat desa setempat. Sehingga kedepannya masyarakat desa lebih merasakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat melalui desanya.

Lebih lanjut Asito Eddy mengatakan pemerintah desa yang menjalankan penyelenggaraan pemerintahan dengan baik, tentunya tidak merasa khawatir dengan pemeriksaan yang dilakukannya.

Asito Eddy berharap, kegiatan pemeriksaan dapat berjalan baik dan tidak ditemukan adanya penyelewengan, sehingga hasil pemeriksaan ketika disampaikan kepada Bupati tidak menjadi persoalan agar dukungan pembangunan desa terus dilakukan.

Sementara itu Kepala Desa Kosambi batu, H A Rohalim AR, mengatakan dirinya sudah mempersiapkan laporan dengan baik, karena itu dirinya merasa selalu siap dan tidak takut dilakukan pemeriksaan reguler oleh Inspektorat tersebut. ( Egi Maulana )
Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru