-->

Iklan

Orientasi CPNS Profesional dan Handal di Lapas Cikarang

Minggu, 11 Februari 2018, Februari 11, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:04:25Z






INIKABAR.com , JAWA BARAT - Kalapas Kelas III Cikarang Kadek Anton Budiharta, AMd, IP, SH, MSi., menguraipaparkan tentang 'sisik melik' Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lapas Cikarang.





Bahwasannya permasalahan utama yang dihadapi Lapas Cikarang adalah kurangnya jumlah petugas yang ada, dimana jumlah petugas saat ini adalah 38 orang dan jumlah penghuni atau warga binaan sebanyak 1487 orang jadi masih jauh dari kata jumlah ideal. 





Tambah Kadek,  para petugas di Lapas Cikarang tersebut terbagi dalam 2 bagian yaitu yang melaksanakan administrasi dan pengamanan. Petugas pengamanan di Lapas Cikarang terdapat 3 regu pengamanan dengan masing-masing regu berjumlah 5 petugas





Dengan demikian untuk mengawasi 1.487 orang warga binaan hanya diawasi oleh 5 petugas setiap harinya atau 1 petugas : 297 warga binaan, sangat tidak ideal dan beresiko. 





Kondisi tersebut menjadikan lemahnya pengawasan di Lapas Cikarang yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban





Masih menurut Kadek, pada akhir tahun 2017 telah dilaksanakan proses penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM, dimana salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan petugas di seluruh Lapas di Indonesia termasuk


Lapas Cikarang sendiri yang mendapat penambahan petugas sebanyak 74 orang CPNS. 





Tentunya penambahan petugas ini menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi permasalahan yang ada di Lapas Cikarang sehingga diharapkan kedepannya pelayanan pembinaan serta keamanan dan ketertiban di Lapas Cikarang semakin jauh lebih baik lagi. 





Selanjutnya,  untuk mempersiapkan 74 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah diterima di Lapas Cikarang, telah dilaksanakan kegiatan Orientasi Lanjutan CPNS Lapas Cikarang. Orientasi I telah dilaksanakan selama 1 minggu di Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, sedangkan Orientasi II dilaksanakan di Subang selama 1 minggu. 





Harapannya dengan orientasi ini CPNS yg telah diterima mendapatkan pembekalan dan penguatan agar mereka siap untuk melaksanakan tugas sebagai petugas pemasyarakatan yang handal





CPNS yang telah diterima di Lapas Cikarang tentunya melakui proses seleksi yang amat sangat ketat dan merupakan pilihan terbaik dari seluruh pelamar dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti. Harapan kami CPNS ini memiliki kualitas dan kompetensi yang kami harapkan. Sehingga dapat memperkuat dan menambah Sumber Daya Manusia Lapas Cikarang yang handal untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan pelayanan serta mewujudkan pemasyarakatan yang bersih dan bemartabat.





Para CPNS di Lapas Cikarang akan digembleng dan diuji dan ditempa di "Kawah Candra Dimuka" Lapas Cikarang selama 1 tahun untuk selanjutnya yang benar-benar lulus seluruh rangkaian orientasi akan menjadi PNS dan bertugas penuh di Lapas Cikarang Cikarang,  pungkas Kadek. ( Agus Suprapto Yusbiyadi )

Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru