Breaking News

Diduga Pengerjaan Proyek Padat Karya Saluran Drainase Jalan Ahmad Yani Kotabaru Karawang Tidak Transparan Ke Publik


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Proyek padat karya yang dicanangkan pemerintahan pusat tanpa diimbangi dengan transparansi anggaran ke publik. Pasalnya, pengerjaan saluran drainase disepanjang Jalan Ahmad Yani Kotabaru Karawang,tepat di wilayah Desa Jomin Barat tanpa papan proyek.

Padahal, pengerjaan anggaran  yang bersumber dari keuangan negara perlu transparansi ke publik. Sehingga publik mengetahui proyek Padat karya tersebut memakai atau menggunakan keuangan negara melului pos anggaran APBN.

Berdasarkan pantauan media online harianekspos.com dilokasi pengerjaan proyek Padat karya,Kamis(3/9/2020),kemarin sekitar pukul 10:00 WIB. Pengerjaan proyek Padat karya tersebut tidak terlihat papan informasi atau papan proyek pengerjaan infrastruktur saluran drainase.
Menurut H.Asep Supriatna warga asal kota Cikampek, bahwa setiap pengerjaan proyek infrastruktur yang berasal dari keuangan negara perlu memasang papan proyek. Agar publik atau masyarakat mengetahui mata anggaran yang terserap. Terkait volume pengerjaan dan masa kalender pengerjaan proyek padat karya,serta pelaksana proyek.

"Seharusnya setiap pengerjaan proyek infrastruktur yang bersumber dari keuangan negara. Perlu memasang papan proyek. Supaya masyarakat umum tahu sumber anggaran yang terserap pada proyek padat karya,"katanya pada awak media.

Dikatakan Asep Supriatna, setiap pembangunan proyek biasa mencantumkan papan proyek. Apalagi ini menyangkut program pemerintahan pusat. 

"Kan ada Undang-undang transparansi informasi publik. Kenapa pengerjaan proyek padat karya tidak memasang papan informasi proyek. Ini ada apa, sampai belum memasang papan proyek,"katanya

Ia juga menegaskan ,apalagi jika pelaksana kegiatan program padat karya itu, dikerjakan oleh salah satu dinas atau dari pihak Kementerian PUPR. Masa tidak mengerti akan aturan tentang Undang-undang Transparansi Anggaran atau Undang-undang Transparansi informasi.

" Intinya, pelaksanaan pengerjaan proyek infrastruktur saluran drainase di sepanjang Jalan Ahmad Yani Kotabaru-Cikampek Karawang Jabar. Perlu dipasang papan proyek atau papan informasi,"tegasnya

Sementara itu,Ade Akbar yang mengaku sebagai pengawas pengerjaan proyek infrastruktur padat karya dari Bina Marga. Ia menyampaikan bahwa memang tidak ada papan proyek dalam pengerjaan proyek program pemerintah an pusat.

Bahkan Adi Akbar, tidak mengetahui CV atau PT yang mengerjakan proyek padat karya tersebut.

"Tidak ada papan proyeknya. Ini program padat karya dari pemerintahan pusat. Agar warga sekitar dapat bekerjasama disaat masa pandemi Covid 19. Sehingga warga sekitar ada penghasilan secara ekonomi di masa pandemi Covid 19,"katanya 
(red)
|| BACA JUGA YANG LAINNYA ||