Breaking News

Pemerintah Desa Binakarya Targetkan Menjadi Desa Wisata Tani Tahun 2021 Garut Jawab Barat

 


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Pemerintah Desa Binakarya targetkan menjadi Desa Wisata Tani walupun anggaran dana TA.2021 masih dalam perhitungan angka-angka, Untuk tahun 2020 anggaran Dana Desa masih dalam peruntukan penanggulangan BLT Desa, dan pencegahan penyebaran virus Copid-19. 

Penyuluhan pertanian bertempat di Kampung Ranaca Ucing Rw.03 Desa Binakarya Kecamatan Banyuresmi Garut Jawa Barat, Sabtu, 31/11/2020

Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin menegaskan walaupun Anggaran dana dalam kondisi pandemi Covid-19, kita tetap akan melaksanakan program Desa Wisata Tani dengan segala keberadaan. Alhamdulillah kami sedang melaksanakan penanaman anggur, srtobery, dan kangkung ditiap Rw secara bertahap dan mungkin nantinya akan ditanam disepanjang pinggir jalan Desa. 

Khusus penanaman pohon anggur, akan menanam pohon anggur yang sudah bersertifikat kemenatan (kementriaan pertanian), Pohon anggur itu selain buahnya mahal, dan batangnya pun bisa dijual. Untuk awal penanaman bisa menggunakan polybag atau pun ditanam di pekarangan rumah, Ungkapnya

Camat Banyuresmi H.Jujun Juhana, S.Sos, M.Si. Menyampaikan beberapa minggu setelah kunjungan yang pertama, kelompok tani ini pernah studi banding ke Desa Mekarwangi Kecamatan Cisurupan. Alhamdulillah kepala Desa Mekarwangi langsung pesan strawberry 1.000 pohon. 

Kunjungan kali ini, kunjungan yang kedua kali sekarang sudah luar biasa, dulu itu belum begitu banyak tanaman seperti sekarang, apalagi Kepala Desa dengan memperkenalkan anggur ini akan menambah lagi jenis tanaman baru sehingga Desa ini untuk jadi Kampung wisata, Ungkapnya.

Koordinator Penyuluhan BPP UPT Banyuresmi Desi Gustianti M, S.Pt.MP. menjelaskan untuk menjadikan kampung wisata tani itu mesti ada tahapan yang harus diperhatikan, mulai dari infrastruktur gerbang masuk, kebersihan lingkungan, sifat, sikap masyarakat, dan keramahannya adalah pondasi awal, Ucapnya.

|| BACA JUGA YANG LAINNYA ||