Breaking News

Camat Banyuresmi Kunjungi, Potensi Objek Wisata Desa Bagendit

 

INIKABAR.com , GARUT - Camat Banyuresmi bersama Kepala Desa Bagendit mengunjungi tiga lokasi yang akan dijadikan objek wisata Desa Bagendit, bertempat dikampung Parung Rw. 06 Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Selasa, 28/12/2021

Tiga titik lokasi tersebut; "pertama lokasi tanah carik Desa untuk area lapangan serbaguna dan ruang publik hijau, kedua lokasi kali cimanuk cisangkan lewi letik untuk wisata air arum jeram dan lokasi camping ground, ketiga lokasi makam Syekh Mubarok dan Mbah Dalem Pucuk Umun untuk wisata religius.

"Untuk penatan tanah, "Cut And Fill" (pengurugan tanah) Carik Desa menyerap anggaran Dana Desa berjumlah Rp. 45.628.000,- (Empat puluh lima juta enam ratus dua puluh delapan ribu rupiah), dengan luas tanah (8.750) meter"

Dengan telah berkunjungnya ke tiga lokasi, Camat Banyuresmi H Jujun Juhana, S.Sos, M.Si menyampaikan dari lokasi yang kita kunjungi sangatlah strategis baik lokasi cut' and fill penatan tanah untuk arena wisata yang akan datang.

Begitu juga lokasi Lewi letik, kali cimanuk yang memiliki pertemuan kali cimanuk dengan kali cisangkan dikatakan sebagai segitiga emas, serta adanya makam yang memiliki situs sejarah.

"Selain itu juga, mesti kita ingat Desa Bagendit ini punya sejarah, salah satunya dengan kedatangan Bapak Presiden RI ke Desa Bagendit, selain itu juga kedatangan Menteri, ini menunjukan anugrah yang patut kita syukuri dan dibanggakan"

Saya harap nantinya dapat dijadikan pusat kegiatan tempat wisata yang menjadi wisata alternatif, karena lokasi berdekatan dengan wisata situ bagendit sehingga pengunjung bisa datang kesini. Ujarnya.

Ditambahkan pula oleh Kepala Desa Bagendit Endang Omardani SE, menjelaskan dengan adanya kunjungan tadi sesuai arahan Pak Camat kita harus bisa mengoptimalkan pendayagunaan potensi aset yang ada di Desa Bagendit, salah satunya adalah arahan sebagai meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Dengan tujuan peningkatan PADes tersebut, hasilnya akan dikembalikan lagi untuk kesejahteraan masyarakat, maka sebagai langkah awal sedang dilaksanakan penatan tanah untuk pembangunan pesona wisata dilahan carik Desa dengan luas lahan kurang lebih 1 hektare yang nantinya akan dijadikan penyangga Wisata Situ Bagendit.

Dimana lokasi tersebut akan dijadikan lapangan serbaguna, sarana aneka pameran event bazar, untuk kegiatan aktivitas pemberdayaan yang akan menghasilkan nilai nilai-nilai ekonomi, baik hasil kreativitas UMKM, jasa fashion, hasil pertanian, hasil perkebunan yang nantinya ditempatkan sesuai sarana prasarana ruang publik tersebut.

Selain itu akan menata sumber daya alam; baik hutan, sungai Cimanuk yang memiliki nilai keindahan, serta pemakaman yang memiliki situs sejarah yang ada dikampung Parung Rw. 06, sumber daya alam yang ada di kampung Bantarjati Rw. 08, lokasi curug, dan huyur-huyur yang ada di kampung Cibunuang Rw.09 yang perlu ditata rapih.

Saya berharap warga masyarakat ikut mendukung terhadap pembangunan lokasi tersebut, ada sinergitas di seluruh kalangan masyarakat termasuk lembaga kemasyarakatan Desa dan BPD, agar masyarakat bisa berdaya dalam ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi pasca dampak Covid-19. Pungkasnya. sumber : beritaekspos.com
BACA JUGA YANG LAINNYA