close

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Bupati Garut Ajak Bersatu Bangun Bangsa


INIKABAR.com , GARUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tingkat Kabupaten Garut dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa", yang dilaksanakan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at 28 Oktober 2022

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan, bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan peserta upacara merupakan kontingen asal Kabupaten Garut yang akan bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) ke-14 dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) Jabar ke-6 serta beberapa pejabat administrator di lingkungan Pemkab Garut.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Garut, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, Undang-Undang Dasar, dan keputusan kongres pemuda Indonesia Tahun 1928.

Dalam sambutannya, Bupati Garut menilai jika Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting yang menjadikan Indonesia seperti sekarang ini. Ucapnya 

"Adanya satu gerakan persatuan di antara seluruh elemen bangsa Indonesia, yang terdiri dari beribu-ribu pulau, beribu-ribu suku bangsa, akhirnya bersatu untuk mewujudkan kelak di kemudian hari Indonesia merdeka," Ujar Bupati Garut.

Ia mengatakan jika kejadian tahun 1928 merupakan tonggak sejarah kebangkitan nasional, di mana setiap pihak telah berkomitmen bertanah air satu, berbangsa satu, dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia.

"Tentu kita semua memberikan penghormatan berterima kasih dan jadikanlah teladan, apa yang disampaikan oleh pemuda-pemuda kita 1928, dengan keterbatasan segala sesuatu yang berhubungan dengan apapun"

"Waktu itu belum ada HP, apa lagi whatsapp, apalagi Instagram, transportasi pun sulit di antar pulau, tapi mereka bisa berkumpul di Jakarta, ini suatu semangat yang luar biasa, kita tidak akan mungkin bisa seperti pendahulu-pendahulu kita, orang tua kita," Tandasnya 

Di tengah momentum Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini, Bupati Garut mengajak setiap pihak untuk bertekad bersatu bangun bangsa yang juga merupakan tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

"Maka sekarang ini hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dengan segala kelebihan teknologi, dengan segala apapun, kita bertekad bersatu bangun bangsa, sekali lagi kita bertekad bersatu bangun bangsa. Pungkasnya. sumber : beritaekspos


Posting Komentar

0 Komentar
Silahkan tulis komentar,tolong jangan spam,semua komentar ditinjau oleh Admin

Top Post Ad

Below Post Ad