» » Dandim 0605 Subang,Danramil dan Babinsa Wajib Menjadi Suri Tauladan Kelola Sampah


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tempat tinggal, Komandan Rayon Militer (Danra mil) berikut anggotanya serta Babinsa di wilayah Kabupaten Subang, sudah dibekali ilmu pengo lahan dan pemanfaatan sampah rumah tangga jenis organik dan anorganik dari dinas lembaga terkait, karena itu seluruh Danramil beserta anggotanya wajib menjadi suritaula dan dalam menjaga kebersihan lingkungan minimal di tempat tinggalnya. 

"Laksanakan arahan dan perintah yang diberikan Komando atas berbuat terbaik tetap semangat berani jujur dan ikhlas," kata Dandim 0605 Subang, Letkol Inf.Fikri Ferdian saat memberikan arah pada sosialisasi pengolahan dan pemanfaatan sampah rumah tangga jenis organik dan anorganik oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Rumah Inspirasi Subang di Aula Makodim 0605 Jalan Mayjen Sutoyo Subang, Kamis (25/1/2018). 

Dandim juga menilai, kegiatan sosialisasi pemanfaatan sampah rumahan ini yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan didukung rumah Inspirasi Subang sangatlah bagus. Oleh karena itu ditekankan kepada semua anggota agar menyimak betul apa yang disampaikan oleh pemateri dan bisa segera dipraktekan di masing-masing wilayah binaannya. Sebab, masalah sampah menjadi salah satu prioritas untuk dikelola.

Kendati demikian Subang kini sudah memiliki Bank sampah yang dibuat oleh rumah Inspirasi, dan diharapkan para danramil memotori dibuatnya bank sampah lainnya dilingkungan binaan masing-masing menggerakan lagi bank-bank sampah. 

“Tentunya ini tidak cukup dalam sehari ini, tetapi kita  akan gandeng lembaga pecinta lingkungan dan lembaga lain. Hanya mari dimulai dari yang terlihat oleh kasat mata, kalau ada tempat pembuangan sampah yang tidak rapih. Kita aja masyarakat untuk merapihkannya," ujar Fikri.

Inisiator Rumah Isnpirasi Subang yang juga Bhabinkamtibmas Kelurahan Dangdeur, Brigadir Yogi usai memberikan materi mengatakan, sampah bila dikelola dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain lingkungan sehat dan bersih,  juga mampu memberikan penghasilan kepada masyarakat itu sendiri.

“Ya kita terus mengajak masyarakat untuk turut andil, dan hari ini pak Dandim bersama jajarannya siap menciptakan bank sampah di masing-masing wilayah koramil. Dengan cara memanfaatkan sampah rumahan menjadi lebih bermanfaat. Ini yang menggembirakan dan lingkungan Makodim selalu dinilai terbersih dan tinggal mengajak lingkungan kita masing-masing,“ katanya.

Sementara Kepala Bidang pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Subang, Yusuf menyambut baik adanya sinergitas jajaran Kodim dengan Pemkab.Subang guna menuntaskan persoalan sampah. Sebab, produksi sampah yang dihasilkan warga  tiap individu bisa 0,8 kg/hari. Sehingga bila dikalikan jumlah penduduk di Subang angkanya sangat jelas cukup tinggi.

"Yang kami berikan bagaimana pengelolaan sampah organik dan anorganik. Yang organik bisa dijadikan Kompos. Sedangkan anorganik bisa didaur ulang lagi," katanya.
( Deny Suhendar

loading...

REDAKSI - www.inikabar.com - Blak Blakan

www.inikabar.com Media Informasi Dan Bisnis.Untuk kerjasama Publikasi,Press Release,Advertorial,Pasang Iklan silahkan hubungi via email ke inikabar@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA