-->

Iklan

Gelar RAT, Bersama Koperasi Jasa Infokarsa Kita Sejahtera

Selasa, 27 Maret 2018, Maret 27, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:03:58Z



Kasi Penyuluhan Perkoperasian dan Keanggotaan Koman Irawan SSos memberikan bimbingan Menumbuhkan Gairah Berkoperasi pada RAT Koperasi Jasa Infokarsa, di RM  Ponyo Bandung.


INIKABAR.com , BANDUNG – Langit cerah dan udara pagi yang segar di kaki Gunung Manglayang menambah semangat seluruh Anggota Koperasi Jasa Informasi Karya Bersama (Infokarsa) mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Jasa Infokarsa Tahun Buku 2017 di Rumah Makan Ponyo Cinunuk, Bandung, Senin (26/3/2018).


Meski baru berumur 6 bulan, Koperasi Jasa Infokarsa yang baru mendapat pengesahan tanggal 2 Juni 2017 berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor: 004257/BH/M.KUKM.2/VI/2017 tentang Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Jasa Informasi Karya Bersama, berkomitmen menggelar RAT untuk memajukan Koperasi Jasa Infokarsa ke depan.


Militansi para anggota Koperasi Jasa Infokarsa yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, dan Provinsi DKI Jakarta ditunjukkan dengan semangat menghadiri RAT Koperasi Jasa Infokarsa sehingga RAT digelar dengan penuh semangat kebersamaan dan kekeluargaan.


Sebagai badan usaha koperasi yang mengelola jasa informasi melalui unit usaha penerbitan Koran Medikom dan situs berita medikomonline.com, maka tidak heran kalau para anggota Koperasi Jasa Infokarsa sebagian besar berasal dari kalangan wartawan yang bernaung di Koran Medikom dan medikomonline.com. Komitmen dan kesadaran berkoperasi pada diri anggota juga tumbuh dengan semangat untuk sejahtera bersama sesuai dengan slogan atau motto  Koperasi Jasa Infokarsa, yaitu “Bersama Koperasi Jasa Infokarsa Kita Sejahtera”.


Kesadaran berkoperasi yang tumbuh di dalam jiwa seluruh anggota Koperasi Jasa Infokarsa tidak lepas dari bimbingan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat. Dalam rangkaian acara RAT Koperasi Jasa Infokarsa yang pertama ini, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Dr H Dudi Sudradjat Abdurachim MT mengutus Kepala Seksi Penyuluhan Perkoperasian dan Keanggotaan Koman Irawan SSos untuk memberikan bimbingan “Menumbuhkan Gairah Berkoperasi”.


Koman di hadapan Dewan Pengawas, Pengurus dan Anggota Koperasi Jasa Infokarsa menekankan, kekuatan koperasai itu ada pada anggota dengan mengumpulkan modal bersama untuk menjalankan usaha koperasi. Untuk itu, Koman juga menegaskan perlunya kesadaran para anggota untuk tertib mengumpulkan modal baik melalui simpanan pokok atau pun simpanan wajib.


“Dalam memajukan koperasi, seluruh anggota juga diperlukan aktif bertransaksi dalam bidang usaha koperasi. Untuk memperkuat jaringan koperasi, perlu juga dibentuk tempat pelayanan koperasi di tiap-tiap kabupaten/kota,” ujar Koman dalam paparannya yang diselingi humor membuat para anggota Koperasi Jasa Infokarsa bergembira.


Dalam pertanggungjawaban Pengurus Koperasi Jasa Infokarsa Tahun Buku 2017 kepada anggota, Ketua Koperasi Jasa Infokarsa Dadan Supardan menyampaikan, berkat kerja sama dengan para anggota Koperasi Jasa Infokarsa dapat menghasilkan sisa hasil usaha.


“Untuk memajukan Koperasi Jasa Infokarsa melalui unit usaha penerbitan Koran Medikom dan medikomonline.com, pengurus mengedepankan transparansi dan kebersamaan dalam mengembangkan usaha koperasi tersebut,” ujar Dadan didampingi Sekretaris Koperasi Jasa Infokarsa Mbayak Ginting.


Dalam perjalanan tahun 2018 ini, Dadan mengatakan, pengurus mendorong para angggota untuk terus meningkatkan komitmen dan rasa memiliki terhadap koperasi dan unit usaha koperasi sehingga dapat meningkatkan motivasi anggota dalam menambah pendapatan unit usaha koperasi.


Sementara Anggota Dewan Pengawas Koperasi Jasa Infokarsa Edie Nirwan Sitepu meminta agar manajemen koperasi yang tertib dan transparan terus dipertahankan. “Untu bidang usaha, upayakan peningkatan oplah (Koran Medikom-red) dan pendapatan dari iklan. Jika memungkinkan dikembangkan unit usaha tambahan,” kata Edie.


Dalam rapat anggota yang dipimpin Ketua Agus Suryanata dan Sekretaris H Yonif F, akhirnya Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi Jasa Infokarsa Tahun Buku 2017 bisa diterima oleh seluruh anggota. Dilaog antara anggota dan pengurus terjadi untuk mempertanyakan pengelolaan koperasi dan unit usaha koperasi. 


Ketua Panitia RAT Koperasi Jasa Infokarsa Tahun Buku 2017 Mbayak Ginting didampingi Sekretaris Panitia Tri Winarni mengatakan, pelaksanaan RAT Koperasi Jasa Infokarsa Tahun Buku 2017 diharapkan bisa lebih meningkat pada RAT tahun 2018 yang akan datang. “Selain sisa hasil usaha, untuk lebih menyemarakkan RAT tahun 2018 mendatang, panitia diharapkan bisa menyediakan sejumlah hadiah door prize berupa laptop, kamera, smart phone dan lainnya,” ujar Ginting.


Dalam laporan Pengurus Koperasi Jasa Infokarsa Tahun Buku 2017 juga dijelaskan susunan pengawas dan pengurus Koperasi Jasa Infokarsa.  Pengawas terdiri dari Ketua Dr T Subarsyah, Anggota Edie Nirwan Sitepu dan Kgs Dedy Iskandar. Susunan Pengurus Koperasi Jasa Infokarsa, yaitu Ketua Dadan Supardan, Sekretaris Rumah Mbayak Ginting, Bendahara Sandi Lesmana Jaya, Wakil Bendahara Tri Winarni. (red)

Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru