-->

Iklan

Ribuan Hektar Sawah di Kabupaten Bekasi Terancam Gagal Panen

Kamis, 19 April 2018, April 19, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:03:49Z



Sejumlah petani berusaha membendung saluran


INIKABAR.com , BEKASI – Para petani di wilayah utara Kabupaten Bekasi menjerit, lantaran sawah yang digarapnya saat ini mengalami kekeringan, sehingga terancam gagal panen.


Sekretaris Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Marjaya membenarkan ribuan hektare tanaman padi milik petani di wilayahnya mengalami kekeringan akibat saluran air Kali Cikarang menyempit dan dangkal. Selain itu, air banyak yang terbuang ke Kali Cikarang Bekasi (CBL).


"Ya saat ini para petani di utara Kabupaten Bekasi ini menjerit, karena tanaman padi mereka terancam gagal panen. Hal itu lantaran saluran air tidak mengalir dengan baik di wilayah ini," kata Marjaya kepada inikabar.com di kantornya, Kamis (19/4/2018).


Dia mengungkapkan, para petani sudah melakukan swadaya membendung, tambak limpas Kali CBL agar air bisa digunakan untuk pertanian yang saat ini kekeringan.


"Setiap musim tanam petani selalu mengeluh akibat air yang langka untuk mengairi lahan pertanian di utara Kabupaten Bekasi ini," ujarnya.


Pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Bekasi segera memperbaiki saluran air yang ada di wilayah itu.


Menanggapi hal itu, aktivis LSM Forum Rakyat Bersatu (Forbest), Karta Wijaya mendesak agar dinas terkait segera melakukan langkah konkret demi membantu kesulitan petani terutama sistem pengairannya.


"Pemkab Bekasi harus segera mengatasi masalah kekeringan yang bakal mengancam kehidupan para petani. Jangan sampai petani tidak bisa merasakan hasil panen mereka," imbuhnya.


Dia mendesak Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin agar memerintahkan bawahannya untuk segera meninjau langsung kekeringan yang melanda ribuan hektar lahan pertanian di utara Kabupaten Bekasi itu.


Menurut Karta Wijaya, lahan pertanian yang mengalami kekeringan diantaranya di Desa Sukakerta, Sukabudi, Sukawangi, Sukadaya, dan Sukaringin, Kecamatan Sukawangi.


Selanjutnya, Desa Jayabakti, Sindang Jaya, dan Sindang Sari, Kecamatan Cabang Bunganya.


Selain itu, Desa Sukaindah, Sukamurni, Sukakarya, Kecamatan Sukakarya. Kemudian, Desa Sukamantri, Suka Wijaya, Sukabakti, dan Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong. (Dudun Hamidullah)

Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru