-->

Iklan

Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni Warga Binaan Lapas Cikarang

Jumat, 04 Mei 2018, Mei 04, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:03:43Z






INIKABAR.com , JAWA BARAT - Seni berasal dari Bahasa Sansekerta "Sani" yang artinya pemujaan, persembahan dan pelayanan. Kata sani sangatlah erat dengan upacara keagamaan yang dinamakan kesenian. 





Lain halnya menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari Bahasa Belanda "genie" yang dalam Bahasa Latin disebut "genius" yang bermakna kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.





Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan dan bersikap indah sehingga mampu menggetarkan jiwa perasaan manusia.





Salah satu pengejawantahan seni adalah seni musik.


Sejatinya istilah musik berasal dari Bahasa Yunani, Mousikos yang diambil dari nama dewa Yunani bernama  Mousikos yang dilambangkan sebagai dewa keindahan dan kesenian serta ilmu pengetahuan.


Musik diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk  bunyi-bunyian.





Sebagai perwujudan dalam berkesenian Lapas Cikarang memberi ruang gerak untuk persepsi, apresiasi dan kreasi seni sebagaimana penuturan Kalapas Cikarang Kadek Anton Budiharta, AMd.IP, SH, MSi bahwasannya


Pembinaan kesenian musik di LaCika saat ini ada 3 yaitu :


- LaCika Band


- Orkes Kerontjonk LaCika


- Marawis LaCika





LaCika Band terdiri dari 14 personil yang terdiri dari narapidana dengan berbagai latar belakang dengan leader Kang Asep.





Tambah Kadek dalam upaya ikut merayakan Hari Buruh Kabupatem Bekasi Stand LaCika ikut memeriahkan acara Mayday Kabupaten Bekasi dengan Memamerkan hasil karya warga binaan LaCika yg terdiri dari produk berbagai macam industri yang ada di LaCika, seperti :


- Industri plastik dan manufaktur


- Industri konveksi


- Industri perkayuan


- Industri ketrampilan


- Industri perbengkelan


- Industri otomotif


- Industri Batik


- Industri tata boga





Masih menurut Kadek yang sesekali menjadi edisional drumer dan vokalis LaCika Band untuk menuangkan hobby bermusik dan melatih musikalitasnya.


Para personil LaCika band sedang banyak menambah jam terbang untuk semakin mengasah ketrampilan bermusik dan meningkatkan talenta bermusiknya. Oleh karenanya pihak Lapas Cikarang sangat mendukung dan mengapresiasi dengan tetap mengawasi para personil LaCika agar bisa lebih berprestasi lagi.





Semoga dengan kemampuan bermusiknya para personil LaCika Band bisa menyongsong kehidupan yang lebih baik, pungkas Kadek yang diamini seluruh personil LaCika Band.


(Agus Yusbiyadi)




Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru