PEMERINTAHAN

VIDEO

HUKUM

BISNIS

POLITIK

HIBURAN

IKLAN BARIS

FOTO

» » 20 grup sisingaan Tingkat SMA/SMK/MA Di Subang mengikuti 'Unjuk Kabisa' dalam event Gempung Tarung Sisingaan


INIKABAR.com , JAWA BARAT - Sebanyak 20 grup sisingaan Tingkat SMA/SMK/MA, di  Subang mengikuti 'Ajang Unjuk Kabisa' dalam  event Gempung Tarung Sisingaan, yang  diselenggarakan Sanggar Soca Niskala Sunda  bekerjasama dengan DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Subang Jawa Barat, digelar Lapangan Dolog, Subang, Minggu (13/5/2018).

Pantauan inikabar.com, acara tersebut dihadiri selain langsung oleh Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait dan Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim, juga Raja LAK Galuh Pakuan Rah yang Mandalajati Evi Silviadi, Pengasuh Sang gar Soca Niskala Sunda Novianti Silviadi, serta kader TMP, budayawan dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporan Ketua Panitia penyelenggara, Novianti Silviadi menuturkan, kegiatan ajang unjuk Kabisa' event Gempung Tarung Sisingaan ini, bertujuan untuk mengenalkan kembali sekaligus melestarikan gotong Sisingaan di kalangan pelajar. Sebab, sisingaan ini adalah merupakan khasanah seni budaya yang dimiliki Kabupaten Subang.

Menurutnya seni budaya sisingaan ini, terdapat nilai edukasi dan pelestarian khasanah seni budaya yang miliki kabupaten Subang, yang tak kalah penting dari budaya luar.

“Mereka unjuk Kabisa' bertarung memperebut kan juara dihadapan para juri yang berasal dari Indonesia Australia Development For Skills (IAD),” kata Noviyanti saat disela-sela acara itu kepada awak media.

Selanjutnya Novi juga menegaskan dalam even unjuk Kabisa' ini terpenting, bagaimana para pe lajar bisa tahu, dan bisa mendalami nilai khasa nah budaya asli daerahnya jika tidak pernah ber latih.

“Minimal khalayak luas dapat melihat kemegahan budaya Subang secara nyata yaitu seni gotong sisingaan,”ujarnya.

Selain itu, Novi juga menjelaskan, dalam kegiatan ajang unjuk Kabisa' ini tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Namun panitia menyediakan hadiah yang cukup besar dengan total Rp 25,5 juta.

”Juara 1 meraih Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7,5 juta, Juara 3 Rp 5 juta. Harapan 1,2 dan 3 juga men dapat hadiah masing masing Rp 1 juta,” jelas nya.

Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait, dalam acara ajang unjuk Kabisa' event gempung tarung sisingaan ini, merasa sangat terkesan dan bahkan Ia-pun mengaku, tetap konsisten untuk terus memajukan kebudayaan daerah, termasuk seni khasanah budaya yang berada di Kabupaten Subang.

“Saya buat acara seni budaya itu sudah berta hun-tahun. Bahkan besok saya buat juga di Sumedang, jadi kita sangat senang sekali mengge lorakan gairah untuk berkesesnian,” kata Maru arar Sirait yang biasa dipanggil Bang Ara didam pingi Ketua TMP DKI Jakarta Brando dan Ketua TMP Subang Rajip Rajendra.

Menurutnya, jika seniman dan budayawan dihar gaai yakni dengan diberikan ruang kreativitas semacan Gempung Tarung Sisingaan ini maka kedepan Indonesia akan maju.

“Saya kira, jika seniman dan budayaan dihargai Indonesia akan maju. Oleh karena itu, seniman dan budayawan harus mendapatkan tempat disemua sektor, mulai dari sektor parawisata sampai sektor ekonomi,”ujarnya.

Maruarar Ara Sirait adalah Politisi Muda PDIP ,selama 14 tahun mengabdi menjadi wakil rakyat mewakili Subang, Majalengka dan Sumedang tidak henti-hentinya berkontribusi dalam bidang kesenian dan budaya.

“Bisa dicek kegiatan budaya yang sudah kita gelorakan sangat banyak. Saya mewakili Subang selama 14 tahun, saya bangga dan ikhlas memajukan Subang lewat kebudayaan. Apalagi dalam kegiatan ini saya lihat peserta nya muda-muda semua. Jadi ada regenerasi nya, dan itu sangat bagus,” pungkasnya.(Deny Suhendar)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply