-->

Iklan

Heboh Kemunculan Lubang Lingkaran Di Kampung Legok Nyenang Desa Sukamaju Kec.Kadudampit

Minggu, 09 September 2018, September 09, 2018 WIB Last Updated 2023-12-16T11:02:56Z




INIKABAR.com , JAWA BARAT - kampung legoknyenang desa sukamaju kecamatan kadudampit kabupaten sukabumi dibuat heboh oleh lubang yang tiba-tiba muncul di area sawah milik warga sejak Kamis (6/9/2018).


warga yang masih berdatangan ke lokasi lubang berbentuk lingkaran berdiameter sekitar enam meter itu.





Kasbani, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Menjelaskan bahwa fenomena itu merupakan gerakan tanah.




Gerakan tanah itu, kata dia, diperkirakan berlangsung dua kali.

"Gerakan tanah terjadi di area persawahan Kampung Legoknyenang RT 05 RW 02, Desa Sukamaju, terjadi pada hari Kamis, 6 September 2018 pukul 11.30 WIB dan 19.00 WIB," ucapnya saat dihubungi, sabtu (8/9/2018)



Gerakan tanah yang terjadi, diperkirakan berupa amblasan yang membentuk lingkaran berdiameter enam meter dengan kedalaman enam meter.

Terlihat juga retakan di bagian pinggir lubangnya dan berdampak pada rusaknya area sawah.




Kasbani menjelaskan, beberapa faktor penyebab munculnya lubang itu di antaranya adalah di bawah ada saluran atau terowongan air sepanjang 50 meter yang struktur tanahnya sudah labil karena rembesan air dari persawahan sekitarnya.




"Dalam ke adaan Faktor lainnya karena sifat fisik batuan penyusun yang kurang kompak, mudah meluluskan air dan mudah luruh jika kena air; sistem drainase yang kurang baik; tataguna lahan berupa sawah yang jenuh air; dan saluran air atau terowongan air alami tidak mengikuti kontruksi teknis yang sesuai," ujarnya.


(Egi Maulana/ois)

Komentar

Tampilkan

Kabar Terbaru